Pesawat Jokowi Sempat Berputar di Perbatasan Iran-Turki, Ini Penjelasan Istana

Senin, 27 Juni 2022 19:19 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Pesawat Jokowi Sempat Berputar di Perbatasan Iran-Turki, Ini Penjelasan Istana Presiden Joko Widodo. ©2020 Biro Pers Setpres

Merdeka.com - Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuju Munich, Jerman, sempat berputar di atas perbatasan wilayah Iran dan Turki. Jokowi diketahui bertolak ke Jerman pada Minggu (26/6) kemarin.

Dilihat dari situs Flightradar24, Senin (27/6), Pesawat itu berangkat dari Soetta sekitar pukul 10.36 WIB dengan tanda garis ungu rute penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Saat terbang memasuki memasuki wilayah Iran dan hendak Turki tampak burung besi itu berputar. Di situ terlihat garis ungu penerbangan yang melingkar 360 derajat.

Istana memberikan penjelasan mengenai pesawat ditumpangi Presiden Joko Widodo sempat berputar di perbatasan Iran-Turki. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin mengatakan, hal itu terjadi karena terkait waktu tiba Presiden Joko Widodo di Jerman, lebi cepat dari waktu disediakan.

"Hal itu berkaitan dengan waktu ketibaan di Munich, Jerman, di mana pesawat GIA-1 diperkirakan tiba lebih cepat dari slot waktu yang disediakan," kata Bey kepada wartawan, Senin (26/6).

2 dari 2 halaman

Bey menjelaskan, penyesuaian itu dilakukan agar kedatangan pesawat Presiden Jokowi sesuai jadwal yang ditetapkan. Maka, pilot pesawat pun menyesuaikan waktu ketibaan dengan tetap mengutamakan protokol kepresidenan.

"Agar kedatangan pesawat GIA-1 sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, pilot melakukan holding guna menyesuaikan waktu ketibaan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," tuturnya.

"Dan hal itu sudah dikomunikasikan dan disetujui Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono yang turut serta dalam penerbangan tersebut," terang Bey.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Munich International Airport, Munich, Jerman sekitar pukul 18.40 Waktu Setempat, Minggu, (26/6). Penerbangan yang ditempuh kepala negara kurang lebih selama 13 jam dengan pesawat Garuda Indonesia kode penerbangan GIA-1.

Dikutip dari Biro Media dan Informasi Sekretariat Presiden pada Senin (27/6), Jokowi disambut oleh Menteri Urusan Eropa dan Internasional, Negara Bagian Bavaria Melanie Huml, Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno beserta istri, dan Atase Pertahanan RI Kolonel Budi Wibowo.

Tampak pula pasukan dengan menggunakan pakaian adat Bavaria turut menyambut kedatangan Eks Wali Kota Solo itu.

Selanjutnya, Presiden Jokowi beserta rombongan menuju hotel tempatnya bermalam dengan kendaraan mobil. Setibanya di hotel, tampak ratusan masyarakat Indonesia yang membentangkan bendera merah putih menyambut Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta yang melihat banyaknya antusias masyarakat itu pun langsung turun dari mobil dan menyapa masyarakat.

Sementara di pintu hotel tampak menyambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang telah tiba lebih awal untuk mempersiapkan kunjungan Presiden di Jerman.

Presiden Jokowi diagendakan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 esok hari di Istana Elmau, Jerman. Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi dalam kunjungan kali ini yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung. [gil]

Baca juga:
Ke Lokasi KTT G7, Jokowi Naik Helikopter Militer Sikorsky CH53 Bersama PM India
Jokowi Bentuk Panitia INASPOC untuk Penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022
Harapan DPR pada Misi Perdamaian Presiden Jokowi ke Ukraina-Rusia
Polri Periksa Saksi Ahli Terkait Kasus Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi
Vaksin Merah Putih Masuk Fase Tiga, BPOM Usul Jokowi Beri Nama Baru

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini