Pertamina pastikan tidak ada instalasi kilang minyak yang terbakar

Minggu, 15 Januari 2017 13:58 Reporter : Nur Aditya
Pertamina pastikan tidak ada instalasi kilang minyak yang terbakar Kebakaran di instalasi kilang Pertamina Balikpapan. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) masih menginvestigasi penyebab berhentinya turbin generator yang menyuplai listrik di kilang Refinery Unit V Balikpapan, Kalimantan Timur. Terkait insiden gemuruh dini hari tadi disertai kobaran api yang membuat panik warga, dipastikan tidak ada instalasi kilang yang terbakar.

"Suara gemuruh yang timbul, disertai api yang tinggi pada flare (suar) bukanlah kebakaran, melainkan adanya pelepasan tekanan yang berlebih, untuk keperluan keamanan," kata Pjs Manager Communication and Relation PT Pertamina (Persero) Area Kalimantan, Imam Rismanto dalam penjelasannya kepada wartawan, Minggu (15/1).

Imam menerangkan, pasca insiden, kondisi kilang dan instalasinya di area Refinery Unit V Balikpapan, dalam kondisi aman terkendali. Investigasi beserta upaya perbaikan turbin, terus dikerjakan sampai saat ini.

"Untuk itu, warga tidak perlu khawatir. Pertamina mengedepankan HSSE (Health, Safety, Security, Environment)," ujar Imam.

Masih terkait insiden yang membuat panik warga Balikpapan itu, Basarnas juga sempat bersiaga, mengantisipasi kejadian darurat. Suara gemuruh itu, memang terdengar luar biasa, sehingga sempat mengira terjadi ledakan sebelumnya di area kilang.

"Terkait bunyi gemuruh itu, kami juga mendapatkan informasi dari masyarakat dan personel kami yang tinggal di dekat kilang minyak, kawasan Pandansari dan di kawasan Rapak. Tim sempat bersiap siaga, apabila terjadi hal darurat," kata Kepala Basarnas Kaltim-Kaltara Kantor SAR Balikpapan Mujiono, seperti disampaikan Kepala Seksi Operasi Octavianto, kepada merdeka.com

Namun demikian, akhirnya didapatkan kepastian tidak terjadi ledakan di area kilang, sebagaimana dugaan sebelumnya. "Tidak, tidak terjadi ledakan seperti perkiraan kami di awal. Jadi, tim kami siagakan hingga dirasa kondisi benar-benar sudah aman," demikian Octavianto.

Diketahui, suara gemuruh, disertai kobaran api dan kepulan asap menjulang tinggi di langit Balikpapan sekitar pukul 00.15 Wita dini hari tadi, yang terlihat dari arah kilang Pertamina Refinery Unit V bikin warga Balikpapan panik. Selain itu, juga sempat terdengar letupan.

Gemuruh tak biasa itu terdengar hingga di kilometer 4-5 Jalan Soekarno Hatta, dan listrik di kawasan Pertamina dan perumahan Pertamina di kawasan Prapatan pun dipadamkan. Namun demikian, gemuruh, kobaran api dan kepulan asap yang sempat menjulang tinggi itu, berangsur menghilang sekira pukul 02.30 Wita dini hari tadi, warga pun kembali tenang. [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. Kilang
  2. Kebakaran
  3. Pertamina
  4. Balikpapan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini