Persiapan Matang Bobol Rekening Ilham Bintang

Senin, 17 Februari 2020 07:01 Reporter : Tri Yuniwati Lestari, Fikri Faqih
Persiapan Matang Bobol Rekening Ilham Bintang Polisi Amankan 8 Tersangka Kasus Pembobolan Rekening Ilham Bintang. ©2020 Merdeka.com/Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Desar dengan menggunakan jemarinya menjelajahi data-data nasabah perbankan untuk menjadi target sasarannya. Setelah mengetahui jumlah nominal tabungan korbannya. Dia segera menggerakkan tim yang berada di Jakarta untuk menguras habis rekening tersebut.

Berawal dari Facebook, Desar berkenalan dengan Hendri Budi Kusumo yang merupakan staf IT di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bintara Pratama Sejahtera. Dengan bantuan Hendri, Desar memetakan korbannya dengan minta data yang didapat dari Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mendapatkan data calon korban, Hendri membuka data SLIK OJK dan mengirimkannya kepada Desar. Jika data yang diinginkan sesuai, maka pria berusia 24 tahun tersebut akan mendapatkan imbalan sebesar Rp100 ribu untuk tiap satu data korban.

Untuk mendapatkan data calon korbannya, Desar memiliki dua orang kaki tangan, Heni Nur Rahmawati dan Rifan Adam Pratama. Dari mereka berdua, dia mendapatkan data korban seperti nama, tanggal lahir dan nomor telepon.

Data-data tersebut nantinya akan dipilih secara acak untuk dilakukan pemetaan melalui Hendri. Sebab dari SLIK OJK tersebut, pelaku pembobolan rekening ini bisa mengetahui di mana saja korbannya memiliki tabungan.

Pada awal Januari 2020, Desar akhirnya mendapatkan data Ilham Bintang. Setelah melihat datanya, akhirnya dia mencoba menghubungi nomor milik wartawan senior itu, dan ternyata kala itu tengah berada di luar negeri. Melihat adanya kesempatan, lulusan kelas 2 SD itu akhirnya menggerakkan tim yang berada di Jakarta.

Baca Selanjutnya: E-KTP Palsu dan Duplikasi Simcard...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini