Perangkat desa doakan Gus Ipul menjadi Gubernur Jatim

Selasa, 6 Februari 2018 16:00 Reporter : Arif Ardlyanto
Perangkat desa doakan Gus Ipul menjadi Gubernur Jatim Hartono, ketua Persatuan Perangkat Desa (PPD) Jawa Timur. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Jawa Timur tak ingin diklaim mendukung pasangan calon (Paslon) Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Para perangkat desa ini memastikan mendukung Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno Putri dalam pemilihan gubernur (Pilgub) ini.

"Kami mendoakan Gus Ipul menjadi gubernur Jawa Timur," kata ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Jawa Timur, Hartono, Selasa (6/2).

Hartono mengatakan, dirinya tidak mengetahui kalau ada dari perangkat desa yang menyatakan mendukung pasangan calon Khofifah dan Emil. Namun, hingga saat ini perangkat desa masih menginginkan Gus Ipul menjadi Gubernur Jawa Timur. Perangkat desa akan berupaya untuk ikut memenangkan Gus Ipul dalam pilgub 2018 ini.

"Ini doa para kepala desa, saya sebagai ketua hanya bisa mengamini saja kemana arah dukungan dari kepala desa," ujarnya.

Hartono menerangkan, di mata PPDI, Gus Ipul memiliki rasa kepedulian besar terhadap perangkat daerah. Gus Ipul yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur itu, sering kali berdiskusi dengan kepala desa di saat kunjungannya ke daerah-daerah. Gus Ipul tidak sungkan untuk meminta masukan dari perangkat desa.

Untuk itu, perangkat desa meyakini kalau Gus Ipul sangat layak untuk memimpin Jawa Timur. Kebijakan-kebijakan yang sudah menguntungkan perangkat desa bisa diteruskan, karena selama ini Gus Ipul menjabat sebagai wakil gubernur. Artinya, semua kebijakan bisa berkelanjutan. “Insaallah Gus Ipul menjadi Gubernur. Jatim akan makmur,” terang dia.

Saat ini, PPDI sudah terbentuk hampir diseluruh wilayah Jatim, dari 38 kabupaten/kota ada sekitar 20 kabupaten yang memiliki kepengurusan. PPDI ini memiliki peran penting dalam proses pembangunan Jatim, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Mereka dianggap mengetahui secara langsung apa yang diinginkan masyarakat. "Berpasangan dengan mbak Puti saya yakin Jatim akan semakin baik," tegas Hartono.

Gus Ipul berterima kasih atas dukungan dari PPDI. Menurut dia, perangkat desa akan dilibatkan secara langsung dalam pembangunan Jatim. Kendala-kendala yang ada di masyarakat harus diatasi secara langsung, pihak yang bisa menyelesaikan persoalan adalah perangkat desa. "Saya berterima kasih atas dukungannya," katanya.

Menurut Gus Ipul, setelah terbitnya UU Nomor 6 Tahun 2014, status pemerintahan desa sudah mulai baik dibandingkan dengan sebelumnya. Posisi desa juga diperkuat, tidak hanya jabatan tapi juga anggaran. "Saya melihat undang-undang juga mulai memperhatikan keberadaan desa. Pemerintah ingin bersinergi dengan desa dalam membangun desa," ucap calon gubernur yang diusung PKB dan PDIP ini.

Dukungan dari PPDI ini bukan isapan jempol, Ketua PPDI Hartono telah menghadiri acara resmi yang digelar partai pengusung, diantaranya dalam rakerdasus di Surabaya. Hartono mendapat penghormatan dengan duduk diantara pejabat partai dikursi paling depan. [paw]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini