Penerima Merdeka Award 2022 Kategori Program Inovatif untuk Negeri

Kamis, 30 Juni 2022 15:15 Reporter : Yunita Amalia
Penerima Merdeka Award 2022 Kategori Program Inovatif untuk Negeri Merdeka Award 2022 Program Inovatif untuk Negeri. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Media online Merdeka.com memberikan penghargaan Merdeka Award 2022 kepada enam penerima untuk program inovatif untuk negeri. Penghargaan ini untuk mengapresiasi kepada pihak yang turut aktif melakukan inovasi kepada berbagai sektor demi kemudahan masyarakat.

Chief Content Officer (COO) KapanLagi Youniverse, Wenceslaus Manggut mengatakan, pihak yang melakukan inovasi untuk masyarakat sangat perlu mendapatkan apresiasi. Tujuannya, agar kehidupan warga negara Indonesia semakin mudah dalam mendapatkan hak pelayanan publik.

"Mereka memudahkan kehidupan kita bertemu dengan pelayanan publik, memberi kita jalan potong dari birokrasi yang biasanya berbelit-belit," katanya saat menyampaikan sambutan dalam Merdeka Award 2022 di Gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall, Lantai 4, Jakarta, Kamis (30/6).

Dia menuturkan, apresiasi ini juga untuk mengingatkan masyarakat bahwa ada banyak inovasi bagi masyarakat.

"Agar dalam ingatan generasi muda kita bukanlah tentang orang-orang yang membuat kita jatuh kepada kegelapan tapi orang-orang yang bangkit," tutup Wens.

Ada 5 kategori dalam penghargaan Merdeka Award 2022. Program Inovatif untuk Negeri, Program Kreatif Pariwisata, Inovasi Digital, Program Pemberdayaan UMKM dan Sosok Inspiratif untuk Indonesia.

Merdeka Award 2022 dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin dan Managing Director EMTEK, Sutanto Hartono, yang hadir secara virtual. Sementara itu, hadir secara langsung Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Aris Darmansyah Edisaputra, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kominfo I Nyoman Adhiarna, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu.

Untuk kategori program inovatif untuk negeri, merdeka.com memberikan penghargaan kepada 6 penerima. Mereka adalah:

2 dari 7 halaman

Mahkamah Agung

penerima merdeka award 2022 kategori program inovatif untuk negeri

Mahkamah Agung memiliki program inovatif berbasis digital antara lain aplikasi e-Litigasi, e-Bima dan aplikasi program edukasi melalui film pesan bermakna dan podcast Mari Berbincang.

Aplikasi e-Litigasi merupakan sistem dimana proses administrasi persidangan dapat dilakukan secara elektronik. Meliputi pertukaran dokumen persidangan yakni jawaban, replik, duplik, dan kesimpulan dapat dilakukan secara elektronik. Persidangan secara elektronik ini mengacu pada Perma Nomor 1 Tahun 2019. e-Litigasi merupakan bagian dari e-Court.

Sementara, aplikasi e-Bima (Electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accountability) adalah sistem yang dibangun sebagai sarana bantu untuk melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan negara, keuangan perkara, dan uang titipan pihak ketiga, sehingga dapat memudahkan para Pimpinan satuan kerja untuk melakukan pengawasan dan monitoring secara akurat dan real time.

Sedangkan, podcast Mari Berbincang memanfaatkan media sosial Youtube untuk menyosialisasikan sekaligus mengedukasi masyarakat mengenai seluk belum sistem peradilan.

3 dari 7 halaman

Provinsi Kepulauan Riau

riau

Provinsi Kepulauan Riau Menghadirkan aplikasi Japri Gub (Jaring Aspirasi Gubernur), program inovatif pendukung digitalisasi aplikasi proses izin dengan jarimu (Si Jempol).

Japri GUB merupakan aplikasi pengaduan, wadah penyampaian aspirasi masyarakat kepada Gubernur Kepri. Selain itu Pemprov Kepulauan Riau juga memiliki Aplikasi Video Conference, yang dimanfaatkan Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda serta para OPD di lingkungan Pemprov Kepri untuk berhubungan dengan masyarakat.

Sedangkan Proses Izin Dengan Jarimu atau SI JEMPOL adalah aplikasi yang dibuat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu. Aplikasi ini dinilai baik, familiar, memudahkan dalam pelayanan dan sesuai dengan perkembangan teknologi.




4 dari 7 halaman

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero)

rakyat indonesia persero

BRI memiliki program inovatif penggerak ekonomi seperti Program Inkubasi BRIncubator (Desa Brilian). Program Desa BRILian ini bertujuan memberikan literasi dan inklusi keuangan bagi pelaku usaha UMKM di pedesaan agar lebih memahami produk dan layanan keuangan digital.

Kemudian juga ada Localoka. Ini merupakan Showcase yang menampilkan outlet produk klaster usaha dan UMKM binaan BRI. Ada juga platform digital Bisnis to customer (B2C), ini menghubungkan pelaku usaha UKM dengan para pembeli secara langsung melalui aplikasi jual-beli komoditas secara daring.

BRI juga memiliki program literasi keuangan melalui web series di platform media sosial. Literasi dan informasi yang dilakukan BRI juga melalui berbagai channel dan bentuk-bentuk yang digemari kalangan muda Tanah Air, salah satunya adalah lewat film pendek atau web series.

5 dari 7 halaman

Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi

kemaritiman dan investasi

Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi memiliki aplikasi Tomps.id pesan pengelolaan sistem informasi aspirasi kemaritiman dan aplikasi untuk integrasi percepatan dan pengawasan proyek destinasi Pariwisata super prioritas (DPSP).

Mereka juga membangun aplikasi PESAN (Pengelolaan Sistem Informasi Aspirasi Kemaritiman). Dengan ada aplikasi ini harapannya masyarakat dengan mudah menyampaikan aspirasinya, tidak peduli jarak dan waktu, hanya menggunakan internet. Mempermudah publik dalam menyampaikan aspirasinya.

Ada juga Program Bersih Indonesia. Kabupaten Malang sebagai lokasi pilot project pertama pada Rabu, (18-05-2022). Program ini merupakan inisiatif multi-tahun yang bertujuan untuk mendukung target penanganan sampah laut dan mengatasi polusi sampah plastik di Indonesia.

6 dari 7 halaman

Kota Semarang

penerima merdeka award 2022 kategori program inovatif untuk negeri

Kota Semarang mengembangkan e-gerai (kopimi) aplikasi sistem informasi pasar kerja terbuka dan terpadu (apik kerjaku) universal help coverage sebagai jaminan kesehatan gratis.

Pemkot Semarang mengembangkan Layanan Pengaduan dan Aspirasi Online Rakyat (LAPOR) Hendi. Ini merupakan aplikasi pengaduan melalui media sosial Instagram, Twitter, dan Telegram.

LAPOR Hendi menjadi layanan aspirasi dan pengaduan publik yang terintegrasi dengan website lapor.go.id di tingkat pusat. Untuk setiap laporan dan aspirasi yang masuk, akan diproses oleh admin dengan cara mendisposisikannya kepada lembaga/ instansi pemerintahan terkait.

Ada juga Program Jaminan. Program ini digagas untuk warga dari lahir sampai meninggal. Pemerintah menggratiskan berbagai biaya dengan kriteria dan persyaratan. Untuk para pelajar dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA negeri, Pemkot Semarang untuk menggratiskan biaya sekolah. Untuk kuliah ada beasiswa yakni beasiswa warga miskin dan beasiswa prestasi.

Untuk kesehatan, Pemkot Semarang membangun Universal Health Coverage (UHC). Warga Kota Semarang mendapatkan jaminan kesehatan gratis di Fasilitas Tingkat Kesehatan Pertama (FKTP) dan pelayanan kesehatan di rumah sakit kelas 3 yang dikelola oleh BPJS Kesehatan, baik rumah sakit Pemerintah maupun swasta.

UHC adalah salah satu cara baru pemerintah dalam memberikan Jaminan kesehatan gratis warga Kota Semarang yang sedang sakit atau berada di rumah sakit namun terkendala biaya dan tidak memiliki BPJS atau yang mempunyai BPJS namun dalam keadaan menunggak. Jaminan kesehatan gratis warga Kota Semarang ini berlaku tidak hanya untuk warga miskin.

7 dari 7 halaman

PT Bank Tabungan Negara (Persero)

tabungan negara persero

BTN properti for developer menjadi program inovatif yang ditujukan khusus bagi developer BTN juga meluncurkan mobile apps fintech pondok pesantren khusus para santri melengkapi one stop housing ecosystem.

Kemudian ada Aplikasi e-Tabungan Perumahan Personel TNI AD (eTPPAD). Ini salah satu fasilitas yang ditawarkan BTN sejalan dengan komitmen mendukung pemenuhan kebutuhan rumah bagi para prajurit negara. Fitur eKPR yang memudahkan setiap prajurit TNI AD dalam pengajuan KPR TNI, mulai dari mencari properti, simulasi kredit, hingga pengajuan kredit secara online.

Demi kemudahan nasabah, BTN mengembangkan Aplikasi BTN Properti Mobile. Aplikasi yang memudahkan para pemburu rumah untuk mencari serta memiliki hunian idaman.

Ada juga Digital Mortgage Ecosystem BTN, platform ekosistem perumahan yang akan melayani kebutuhan masyarakat dari hulu sampai dengan hilir, dimulai dari pencarian, pengembangan, pembelian dan penjualan properti / rumah, kontrakan rumah, renovasi rumah, interior rumah. sampai dengan melayani kebutuhan utilities rumah secara rutin. [fik]

Baca juga:
Saksikan Merdeka Awards 2022, Apresiasi untuk Inovasi
Saksikan Merdeka Awards 2022, Apresiasi untuk Inovasi
Saksikan Merdeka Award 2022 Inspirasi Indonesia 30 Juni 2022
Saksikan Merdeka Award 2022 Inspirasi Indonesia 30 Juni 2022
Sejumlah Petinggi Negara dan 400 Ribu Penonton Jadi Bagian Merdeka Awards 2021
Ini Penerima Merdeka Award Kategori Daerah dengan Kesetiakawanan yang Menginspirasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini