Pemeriksaan kesehatan bakal capres-cawapres selesai, tim dokter lapor ke KPU

Senin, 13 Agustus 2018 21:00 Reporter : Merdeka
Pemeriksaan kesehatan bakal capres-cawapres selesai, tim dokter lapor ke KPU tes kesehatan bakal capres-cawapres. ©2018 Merdeka.com/Liputan6.com

Merdeka.com - Tim dokter Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) menyerahkan surat keterangan selesainya rangkaian pemeriksaan kesehatan bakal calon presiden dan calon wakil presiden ke KPU RI.

"Hari ini kami akan memeriksa bahwa bakal calon presiden dan calon wakil presiden telah menyelesaikan seluruh proses pemeriksaan berdasarkan juknis yang dibuat KPU," kata Ketua KPU Arief Budiman, Senin (13/8).

Arief mengatakan, salah satu tahapan telah dijalankan oleh kedua pasangan bakal capres-cawapres. Masing-masing pasang menjalani serangkaian tes kesehatan dilaksanakan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

"Pemeriksaan dengan standar paling tinggi untuk memeriksa seseorang. Setiap pemeriksaan ada kategorinya bagaimana memeriksa orang biasa, calon tentara sampai calon presiden dan wakil presiden," ungkap dia.

Dia mengungkapkan, pihaknya pun mendengarkan seluruh pemaparan dari tim dokter. Selanjutnya tim dokter akan melaporkan hasil pemeriksaan kepada seluruh komisioner KPU.

"Kami sudah menerima penjelasan dari tim dokter pemeriksaan yang berasal dari seluruh dokter dengan berbagai keahlian yang ada di indonesia," ujarnya.

"Selanjutnya KPU akan memeriksa keabsahan dan kebenaran bakal capres dan cawapres sampai dengan besok. Kemudian akan dituangkan dalam BAP hasil pemeriksaan. Yang selanjutnya tanggal 14-17 Agustus akan disampaikan ke bakal capres dan cawapres atas pemeriksaan seluruh dokumen," tutupnya.

Sebelumnya, bakal calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin menjalani Minggu (12/8/2018). Sedangkan, Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjalani tes kesehatan, Senin (13/8/2018).

Tes kesehatan merupakan salah satu prasyarat yang harus dipenuhi setiap pasangan bakal capres dan cawapres. Hal ini merujuk pada Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018 Pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Aturan terkait pemeriksaan dirinci dalam SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini