Pembangunan RS Khusus Covid-19 di Pulau Galang Sudah 80 %, Beroperasi 28 Maret

Minggu, 22 Maret 2020 14:05 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pembangunan RS Khusus Covid-19 di Pulau Galang Sudah 80 %, Beroperasi 28 Maret Menteri PUPR berada di Pulau Galang. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono memastikan fasilitas kesehatan yang terletak di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, sudah dapat beroperasi dalam waktu dekat, yakni tanggal 28 Maret 2020.

Dia menjelaskan, di fasilitas tersebut akan disiapkan ruang observasi yang dapat menampung 400 tempat tidur. Meskipun demikian, tegas Basuki, daya tampung fasilitas kesehatan tersebut masih bisa ditambah jika memang muncul kebutuhan.

"Kita merehabilitasi rumah sakit Vietnam dulu untuk pendukung, kemudian membangun ruangan observasi sebanyak 400 tempat tidur. Mudah-mudahan tidak perlu ditambah, tapi kalau perlu sampai 1.000," kata dia, dalam Konferensi Pers di Wisma Atlet, Kemayoran, di Jakarta, Minggu (22/3).

Menurut Bas, sapaan akrabnya, hingga saat ini proses pengerjaan fisik sudah mencapai sekitar 80 persen. Sejumlah komponen pendukung dasar seperti pasokan listrik dan air untuk fasilitas kesehatan tersebut, sudah siap 100 persen.

"Fisik yang lainnya 80-an persen. Mudah-mudahan sudah siap nanti 28 Maret ini untuk dioperasikan," urai dia.

"Jadi insya Allah, 28 maret akan ditinjau oleh presiden, sudah siap. Itu kesiapan kita. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir kita semua sudah siap untuk melayani antisipasi virus ini," tegasnya.

Hanya memang yang harus juga dipenuhi yakni ketersediaan peralatan, berupa peralatan kesehatan portabel untuk mengisi fasilitas tersebut. Terkait hal itu, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian BUMN.

Saat ini, kata dia, peralatan portabel sudah tersedia di kawasan Wisma Atlet Kemayoran. Nantinya proses distribusi peralatan akan menjadi tanggung jawab Menteri BUMN, Erick Thohir dan jajaran TNI-Polri.

"Kecuali peralatan ini kami sudah tadi dengan Pak Erick Thohir, apakah BUMN bisa mengalokasikan sejumlah peralatan portabel ini yang lainnya ke pulau Galang. Itu nanti yang operasikan TNI-Polri," tandasnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini