Pelajar SMP di Indragiri Hulu patungan bantu pengungsi Rohingya

Jumat, 15 September 2017 20:26 Reporter : Abdullah Sani
Pelajar SMP di Indragiri Hulu patungan bantu pengungsi Rohingya pelajar Inhu beri bantuan buat etnis Rohingya. ©2017 Merdeka.com/abdullah sani

Merdeka.com - Bantuan untuk pengungsi Rohingya dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau terus mengalir. Setelah Gerakan Masyarakat Peduli Rohingya (Gempur) dan Relawan Inhu melakukan penggalangan dana, kali ini muncul bantuan dari kalangan pelajar.

Pelajar SMP Negeri 1 Rengat Barat menggalang dana bantuan untuk Rohingya di sekolah tersebut Jumat (15/9). Para siswa menyumbangkan uang jajan mereka dan diserahkan kepada pihak sekolah untuk disalurkan melalui posko Relawan Inhu.

"Sumbangan kemanusiaan ini dari siswa dan majelis guru, semoga dapat membatu para pengungsi Rohingya," ujar Tata Usaha SMPN 1 Rengat Barat, Syarifah Sepdanawita ketika menyerahkan bantuan sebanyak Rp 1.415.000 ke Posko Relawan Inhu Kacamatan Rengat Barat di Kantor PWI Inhu.

Menurutnya, penggalangan dana ini dilakukan siswa dari masing-masing kelas pada pagi hari sebelum mengikuti pelajaran sekolah.

"Pemberian sumbangan ini juga merupakan pendidikan karakter siswa, sehingga Kepala Sekolah mengizinkan siswa untuk melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk membantu pengungsi Rohingya," kata Syarifah.

Sumbangan uang jajan dari siswa SMPN 1 Rengat Barat ini diterima oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Inhu Raja Kasmedi.

"Alhamdulillah, kami sangat bangga menerima bantuan dari siswa SMPN 1 Rengat Barat ini, semoga kedepan banyak siswa -siswa sekolah lainnya yang peduli kemanusiaan karena kepeduian sosial ini juga merupakan pendidika berkarakter bagi siswa sekolah, " ujar Raja Kasmedi.

Kasmedi menambahkan, bantuan tersebut akan diserahkan kepada Relawan Inhu sebagai posko penggalangan dana untuk Rohingya di Kabupaten Inhu.

Sementara itu, koordinator Pusat Relawan Inhu, Supri Handayani Ando mengatakan, dana sumbangan yang sudah terkumpul sejumlah Rp 28.641.100.

Jumlah ini dihimpun dari dua kegiatan penggalangan dana di Kecamatan Rengat dan Rengat Barat, termasuk dari siswa SMPN 1 Rengat Barat dan sebelumnya ada juga sumbangan dari siswa SMPN 3 Rengat.

Menurut Ando, kegiatan penggalangan dana untuk pengungsi Rohingya akan terus berlanjut di tiap Kecamatan di Kabupaten Inhu.

"Insya Allah hari Sabtu dan Ahad besok, Relawan Inhu akan kembali menggalang bantuan di Airmolek Kecamatan Pasir Penyu dan Belilas Kecamatan Seberida. Bantuan ini menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Inhu peduli kemanusiaan," ujar Ando.‎ [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini