Pasokan Air Bersih Terganggu, Wali Kota Tangerang Minta Sungai Cisadane Dikeruk

Kamis, 6 Oktober 2022 05:30 Reporter : Kirom
Pasokan Air Bersih Terganggu, Wali Kota Tangerang Minta Sungai Cisadane Dikeruk Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pasokan air bersih dari PDAM Tirta Benteng untuk masyarakat Kota Tangerang sering terganggu beberapa waktu terakhir. Gangguan ini karena tidak optimalnya produksi akibat berkurangnya debit air Sungai Cisadane.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengaku telah meminta Kementerian PUPR agar melakukan upaya penanganan Sungai Cisadane, sebagai sumber air baku PDAM Tirta Benteng.

"Saya mengusulkan kepada Kementerian PUPR untuk dapat segera melakukan pengerukan dan pembersihan sedimentasi yang ada di Sungai Cisadane, agar daya tampung sungai mengalami peningkatan dan secara langsung berpengaruh pada pasokan air baku yang akan dikelola oleh PDAM Tirta Benteng," kata Arief Wismansyah seusai bertemu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Rabu (5/10).

2 dari 2 halaman

Usulkan Bendungan Baru

Selain pengerukan dan pembersihan sedimen Sungai Cisadane, Arief juga mengusulkan kepada Kementerian PUPR untuk membangun satu bendungan baru setelah Bendungan Pintu Air 10.

Menurut Arief, pengelolaan pintu air 10 Sungai Cisadane sangat memengaruhi produksi air bersih PDAM Tirta Benteng.

"Karena buka tutup pintu air 10 di saat musim hujan membuat intake PDAM Tirta Banteng tidak bisa optimal. Masalahnya kalau pintu air 10 dibuka debit airnya berkurang dan kinerja intake yang ada Bendungan Pintu Air Sepuluh hanya bisa bekerja 50%. Sedangkan intake yang di Babakan jadi tidak berfungsi," jelasnya.

Namun dilemanya, jika pintu air tersebut tidak dibuka, akan ada beberapa wilayah yang tergenang. Untuk itu diperlukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Ini perlu penanganan yang tepat agar tidak menimbulkan ekses lain," pungkasnya.

Baca juga:
Pj Gubernur DKI Diharapkan Punya Solusi Konkret Atasi Air Bersih Tercemar E.coli
DPRD DKI Ungkap Kandungan Bakteri E Coli di Air Tanah Jakarta Tinggi
Kesulitan Air, Peternak Kerbau di Pulau Moa Mengadu ke Jokowi
Anies Jelaskan Penyebab Sulitnya Atasi Krisis Air Bersih di Jakarta
Osmo Marina Berikan Solusi Kebutuhan Pompa Sumur Bor di Pedesaan
Demi Air Bersih, Warga di Tegal Berjalan Kaki Satu Kilometer tiap Musim Kemarau

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini