Panwaslu selidiki guru dipecat karena disebut pilih Ridwan Kamil

Senin, 2 Juli 2018 10:46 Reporter : Adi Nugroho
Panwaslu selidiki guru dipecat karena disebut pilih Ridwan Kamil Robiatul adawiyah. ©2018 Merdeka.com/Adi Nugroho

Merdeka.com - Panwaslu Kota Bekasi, Jawa Barat menyelidiki dugaan pelanggaran pidana pemilihan umum yang melibatkan lembaga pendidikan di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih. Penyelidikan ini menyusul seorang guru, Robiatul Adawiyah dipecat karena dianggap berbeda pilihan di dalam Pilkada beberapa waktu lalu.

Ketua Panwaslu Kota Bekasi, Novita Ulya Hastuti mengatakan, penyelidikan masih berlangsung dilakukan oleh Panwascam Kecamatan Jatiasih. Menurut dia, penyelidikan karena diduga ada unsur tindak pidana pemilu.

"Sedang koordinasi dengan Panwas Kecamatan Jatiasih," kata Novita di Bekasi, Senin (2/6).

Kepala Divisi Penindakan dan Pelanggaran Panwas Kecamatan Jatiasih, Bayu Tri Anggoro mengatakan, lembaganya belum menentukan apakah kasus tersebut masuk ke dalam pelanggaran pemilu.

"Karena kejadiannya kan hanya di media sosial, kami masih mendalaminya," kata Bayu.

Panwascam Jatiasih, menurut dia, telah meminta keterangan Robia, beserta keluarganya perihal pemecatan yang dilakukan yayasan melalui grup whatsapp. Menurut dia, Robia dan keluarga telah membenarkan.

"Namun pihak yayasan telah islah kepada yang bersangkutan (Robia) untuk didamaikan secara kekeluargaan pada 29 Juni lalu," kata Bayu.

Dia mengatakan lembaganya berencana meminta klarifikasi kepada pihak Yayasan Daarunnajaat Maza. Namun, menurut dia, Panwas kini sedang mengkaji masalah tersebut serta berkoordinasi dengan Panwaslu Kota Bekasi.

Robiatul Adawiyah (28), seorang guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Maza dipecat karena dianggap berbeda pilihan pada pemilihan kepala daerah Jawa Barat dan Kota Bekasi yang berlangsung pada 28 Juni lalu. Robia diberhentikan melalui grup WhatsApp yayasan.

Pemecatan ini viral karena suami Robia, Andriyanto mengunggah salinan tayangan percakapan pemecatan ke media sosial Facebook. Unggahan itu telah terkonfirmasi baik kepada Robia maupun suaminya.

Belakangan, pihak sekolah melalui seorang guru, Tri menampik ada pemecatan, melainkan hanya terjadi kesalahpahaman antara pimpinan yayasan dengan bawahan. [dan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini