Nekat Beraksi di Dekat Kantor Polisi, Ini yang Dialami Pelaku Bobol ATM

Selasa, 6 Desember 2022 11:33 Reporter : Mochammad Iqbal
Nekat Beraksi di Dekat Kantor Polisi, Ini yang Dialami Pelaku Bobol ATM ilustrasi garis polisi. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - MA (44) warga Cileungsi, Kabupaten Bogor diamankan aparat kepolisian sektor Cibeureum resor Tasikmalaya Kota, Selasa (6/12) sekitar pukul 07.00 WIB. Dia diduga hendak melakukan aksi pembobolan anjungan tunai mandiri (ATM) yang ada di Kecamatan Cibeureum.

Kapolsek Cibeureum, AKP Yusuf Setyanto mengatakan bahwa MA diduga hendak membobol ATM milik korban.

"Modusnya dengan mengganjal mesin ATM menggunakan guntingan plastik mika. Lokasi kejadiannya di ATM center yang jaraknya dengan kantor kami sekitar 100 meter," katanya.

Dia menjelaskan bahwa awalnya ada seorang ibu-ibu yang hendak mengambil uang di mesin ATM. Saat itu, korban yang sudah memasukan kartu tidak bisa mengakses mesin tersebut.

Pada saat bersamaan, pelaku bersama rekannya mendekati korban dan berpura-pura hendak membantu padahal mencoba mengakses personal identification number atau PIN ATM milik korban.

"Pada saat itu, ada warga yang curiga dengan aksi pelaku dan berupaya menggagalkan aksi tersebut dan melaporkannya ke kami. Kami yang menerima informasi tersebut langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk mengamankan pelaku," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Salah satu pelaku yang berinisial AM, berhasil diamankan polisi. Satu pelaku lain, diakui Yusuf, berhasil melarikan diri saat hendak diamankan.

"Saat ini, pelaku satunya lagi yang berinisial IR masih dalam pengejaran kami," ucapnya.

Setelah berhasil mengamankan satu pelaku, polisi mengamankan barang bukti rekaman kamera pengawas dan meminta keterangan terhadap korban dan saksi lainnya. Polisi juga menggeledah pelaku AM.

"Saat kami geledah, kami mendapatkan tiga kartu ATM, obeng dan senjata tajam jenis badik dari dalam tas pinggang pelaku. Kasus ini masih dalam proses pengembangan lebih lanjut," pungkasnya. [cob]

Baca juga:
Polisi di Lampung Bekuk Komplotan Pembobol Nasabah Bank, Duit Rp60 Juta Disita
Ibu dan Anak di Bali Kompak Jadi Pencuri Modus Ganjal Kartu ATM
Apa itu Skimming dan Cara Mengatasinya, Nasabah Wajib Tahu
Membongkar Penipuan Klik Link: Social Engineering dan Phising
Tertipu Klik Link, Uang Dimaling
Anggota TNI Tertangkap Basah Hendak Bobol Uang di ATM Sidoarjo, Ini Sosoknya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini