Nadiem Minta Sekolah di Daerah PPKM Level 1-3 Gelar PTM untuk Berlatih Prokes Baru

Kamis, 16 September 2021 12:18 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Nadiem Minta Sekolah di Daerah PPKM Level 1-3 Gelar PTM untuk Berlatih Prokes Baru Mendikbud Ristek Nadiem Makarim. ©2021 Dok ASTRA

Merdeka.com - Mendikbud Ristek Nadiem Makarim meminta agar seluruh sekolah yang sudah berada di daerah PPKM level 1 dan 3 untuk segera menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Sehingga seluruh tenaga pendidik dan murid bisa belajar untuk melaksanakan protokol kesehatan baru yang nantinya akan ditetapkan pemerintah.

"Saya ingin menekankan sekali lagi bahwa vaksinasi itu harus mengejar tatap muka, bukan tatap muka yang mengejar vaksinasi. Jadinya sekolah-sekolah di level 1-3 itu harus segera melaksanakan tatap muka terbatas. Karena kalau tidak, kita tidak akan berlatih untuk protokol kesehatan baru. Termasuk PAUD dan SD," kata Nadiem saat mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Ponpes An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (16/9).

Oleh sebab itu dia meminta agar vaksinasi segera dilakukan. Sehingga bisa segera melaksanakan PTM di sekolah-sekolah yang berada di daerah level 1-3.

"Barulah tugas vaksinasi adalah untuk mengejar tatap muka terbatas tersebut untuk memastikan prioritas nomor satu adalah tenaga pendidik, guru, dan tenaga pendidik, baru setelah itu murid-murid di atas umur 12 dan juga orang tua murid," ujar dia.

Nadiem menegaskan bahwa vaksinasi bukan kriteria sekolah untuk menggelar tatap muka. Tetapi tenaga pendidik yang sudah disuntik vaksin wajib melaksanakan PTM.

"Jadi itu menjadi dasar kebijakan pemerintah pusat, vaksinasi bukan menjadi kriteria untuk tatap muka. Tapi malah kalau sekolahnya semua guru sudah lengkap divaksinasi dia wajib melakukan tatap muka. Jadi sekali lagi vaksinasi yang mengejar tatap muka terbatas, bukan sebaliknya," pungkasnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini