Muncul Petisi Dukungan untuk Guru Honorer Rumini yang Dipecat Karena Bongkar Pungli

Selasa, 9 Juli 2019 15:17 Reporter : Kirom
Muncul Petisi Dukungan untuk Guru Honorer Rumini yang Dipecat Karena Bongkar Pungli Guru honorer Rumini laporkan dugaan pungli ke polisi. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Dukungan terhadap Rumini (44), guru honorer yang berupaya membongkar dugaan pungli di SDN 02 Pondok Pucung, terus mengalir. Terbaru, masyarakat berupaya menjaring dukungan terhadap Rumini melalui petisi di laman change.org.

Petisi yang dibuat Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) tersebut, mendeskripsikan ihwal pemecatan dan upaya kriminalisasi sekolah terhadap guru yang telah 7 tahun mengabdi di sana.

Kasus Rumini diharapkan menjadi pintu masuk terkuaknya pungutan-pungutan yang selama ini terjadi di sekolah negeri.

Bahkan dalam petisi tersebut, masyarakat berharap Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan membuktikan komitmennya dalam memberantas pungli di lembaga pendidikan.

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany juga didesak untuk memecat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan karena kuatnya dugaan praktik pungli di sekolah negeri.

"Petisi ini menjadi salah satu cara kami untuk advokasi ibu Rumini sekaligus ingin menyampaikan kepada Presiden Jokowi dan Menteri Pendidikan, bahwa jika tidak ada langkah yang serius untuk memberantas Pungli pendidikan maka akan ada Rumini berikutnya," ungkap Koordinator Advokasi dan Investigasi TRUTH, Jupri Nugroho, Selasa (9/7).

Adanya petisi ini, menjadi bentuk ajakan kepada masyarakat untuk mendesak agar permasalahan pungli di institusi sekolah dapat cepat selesai.

Jupri juga mengajak masyarakat lainnya yang pernah menjadi korban untuk berani buka suara, terkait praktik pungli yang berada di lingkungannya.

"Serta mendorong masyarakat yang menjadi korban pungli dan intimidasi akibat membongkar kasus yang sama untuk dapat bersuara lantang," tandas dia. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini