Moeldoko Peringatkan Polri: Jangan Main-Main dengan Arahan Presiden Jokowi

Kamis, 20 Oktober 2022 16:38 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Moeldoko Peringatkan Polri: Jangan Main-Main dengan Arahan Presiden Jokowi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kantor KSP. ©2022 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan aparat keamanan jangan main-main dengan arahan yang sudah diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Arahan Presiden Joko Widodo terhadap Kepolisian RI (Polri) pada Jumat (14/10) terkait peningkatan profesionalitas dan penghentian gaya hidup hedonisme patut diperhatikan oleh seluruh aparat, tidak hanya Polri.

"Kita itu ingin bahwa semua terkelola dalam good governance. Tidak ada yang main-main, jangan sampai Presiden sudah seperti ini, tapi di bawah masih main-main, kita tidak ingin itu," kata Moeldoko di Istana Kepresidenan, Jakarta dilansir Antara, Kamis (20/10).

Menurut Moeldoko, Kantor Staf Presiden (KSP) juga akan turut mengawasi agar arahan dari Presiden diterapkan dengan baik oleh jajaran Polri dan aparat lainnya.

"Kalau di Kejaksaan ada hal-hal seperti itu, saya juga telepon Jaksa Agung. Ini di lapangan seperti ini," kata dia.

Selama ini, kata Moeldoko, KSP sudah aktif untuk menerima laporan masyarakat terkait kinerja Polri. Dia mengatakan masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi Lapor untuk memberikan laporan terkait keluhan pelayanan oleh Polri.

"Silakan lapor. Saya juga dapat banyak laporan dari bupati, perilaku aparat keamanan begini-begini. Apa yang saya lakukan, saya langsung telepon Kapolri," ujar dia.

Moeldoko menegaskan pengarahan dari Presiden harus dipedomani oleh seluruh aparat negara, bukan hanya kepolisian atau aparat penegak hukum lainnya.

"(Harus) semua kementerian juga. Itu amanat, jadi semua harus dijalankan karena bentuk-bentuk (pelanggaran) itu bisa terjadi di mana saja. Itu sebagai direction juga yang harus dijalankan," tutur Moeldoko.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Presiden Jokowi pada Jumat (14/10) memberikan arahan kepada perwira kepolisian untuk bekerja keras mengembalikan kepercayaan masyarakat yang telah turun drastis.

Jokowi juga mengingatkan saat ini situasi di semua negara sedang sulit, karena menghadapi gelombang dan badai ekonomi global.

Untuk itu, Jokowi mengingatkan kepada seluruh jajaran Polri untuk memiliki kepekaan terhadap situasi krisis (sense of crisis) yang sama. Jokowi juga mengingatkan agar jajaran Polri bisa lebih memperhatikan gaya hidupnya, agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial dan menjadi sorotan masyarakat.

"Saya ingatkan masalah gaya hidup, lifestyle. Jangan sampai dalam situasi yang sulit ada letupan-letupan sosial, karena adanya kecemburuan sosial ekonomi," kata Jokowi.

Baca juga:
Jokowi Harap Pelabuhan Tanjung Ular Bisa Dongkrak Daya Saing Daerah
Jokowi: Progres Pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular sudah 99 Persen
Dorong Hilirisasi, Jokowi Berencana Setop Ekspor Timah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini