Menteri Pertahanan Minta Tindak Tegas Pelaku Rasisme

Sabtu, 24 Agustus 2019 18:35 Reporter : Darmadi Sasongko
Menteri Pertahanan Minta Tindak Tegas Pelaku Rasisme Komisi I DPR Gelar Raker Bersama Menhan dan Panglima TNI. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu, memerintahkan penindakan secara tegas terhadap siapapun pelaku rasis. Tidak peduli pelakunya, jika memang melanggar hukum harus ditindak sesuai ketentuan yang berlaku.

"Begini ya, siapa yang berbuat salah, entah polisi, entah tentara, siapa saja harus ada hukumannya. Itu saja. Kita negara hukum," tegas Ryamizard Ryacudu usai memberikan kuliah umum Bela Negara dan Deradikalisasi di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Sabtu (24/8).

Tindakan rasis balam bentuk teriakan diduga terjadi dalam pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Sabtu (17/8) lalu. Sejumlah orang saat ini sedang diperiksa oleh aparat keamanan atas tindakan tersebut.

"Saya sampaikan, apapun yang namanya seperti disampaikan (rasis), itu kan memancing-mancing tidak baik. Itu ada hukumannya. Tidak ada orang bebas di negara hukum ini," tegasnya.

Ryamizard mengaku belum mengetahui perkembangan terakhir kasus tersebut. Namun Kepolisian dan TNI sudah mengambil tindakan.

"Saya belum tahu (kasus hukum), saya di sini. Yang jelas polisi sudah mengambil tindakan, tentara juga begitu," ungkapnya.

Ryamizard juga menegaskan bahwa kondisi Papua saat ini sudah mereda pasca demontrasi di sejumlah titik. Kondisi akan segera membaik seiring upaya yang dilakukan oleh sejumlah pihak.

"Saya baru dengar, sudah reda," tegasnya. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini