Menhub Budi Karya Kaget dengan Perkembangan Pelabuhan Makassar

Kamis, 21 Maret 2019 00:04 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Menhub Budi Karya Kaget dengan Perkembangan Pelabuhan Makassar Menhub Budi Karya di Makassar. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memuji perkembangan pelabuhan laut di Makassar. Kata dia kepada wartawan saat meninjau pembangunan proyek Makassar New Port (MNP), Rabu, (20/3), pelabuhan di Makassar sudah setara dengan Surabaya.

"Kita lihat bagaimana Sulsel, Makassar tumbuh dengan pesat. Saya kaget tadi saat Pak Gubernur (Nurdin Abdullah) sampaikan (pelabuhan Makassar) bahwa tadinya 700 ribu TEU (twenty-foot equivalent unit) sekarang sudah lebih dari 1 juta TEU," kata Menhub Budi.

Oleh karenanya, kata Budi, dia minta ke PT Pelindo IV untuk membangun, mereklamasi, melengkapi, peralatan-peralatan clean, melakukan prosedur yang baik, memperhatikan GCG (Good Corporate Governance) dan juga perhatikan layanan. Artinya, kalau dulu menunggunya 3 hari, sekarang jadi 2 hari, yang 2 hari jadi 1 hari karena dari volume naik.

Kemenhub akan terus mendorong kegiatan yang ada di Makassar yang menjadi penghubung ke wilayah Indonesia Timur.

"Dan secara detil, saya juga tahu bahwa di Makassar ini ada berbagai produk dalam negerinya dan unik-unik, seperti berbagai produk pertanian antara lain kakao, ada mete, rumput laut dsb. Pasti kekuatan ekonomi masyarakat semakin bagus. Oleh karenanya Pelindo IV, selain membangun Makassar, diharapkan juga mengembangkan pelabuhan-pelabuhan lain yang ada di Indonesia bagian timur," tandasnya. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini