Menhan Tegaskan Kelompok Terafiliasi ISIS Ikut Nimbrung di Konflik Papua

Kamis, 5 September 2019 20:42 Reporter : Sania Mashabi
Menhan Tegaskan Kelompok Terafiliasi ISIS Ikut Nimbrung di Konflik Papua Menhan Silaturahmi PA 212. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamirzad Ryacudu mengatakan ada kelompok terafiliasi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Papua. Kata dia, kelompok itu juga ikut mengambil kesempatan dalam aksi rusuh di Papua beberapa waktu lalu.

"Dia kan dikit sana. Dia kan mengambil kesempatan. Nah ini lagi kesempatan, ikut nimbrung. Bila perlu dia gabung dengan mereka menjadikan kita musuh bersama," kata Ryamirzad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9).

Ryamirzad menjelaskan kelompok ISIS memang tidak hanya ada di Pulau Jawa. Tertapi juga ada di tanah Papua.

"Dari dua-tiga tahun lalu saya bilang, di ISIS itu bukannya di Jawa dengan di Poso saja, sudah ke Ambon, sudah ke Papua. Nah ini Papua ini teriak-teriak," ungkapnya.

Sebelumnya, Ryamirzad mengatakan ada kelompok di Papua yang sudah terafiliasi dengan Islamic State of Iraq dan Syria (ISIS). Kata dia, kelompok itu sudah menyerukan jihad.

"Sebagai catatan, terdapat kelompok lain yang berafiliasi dengan ISIS telah menyerukan jihad di tanah Papua," kata Ryamirzad dalam Rapat dengan Komisi I DPR membahas Papua, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9).

Selain itu, Ryamirzad juga mengungkapkan ada kelompok baru di Papua. Kelompok itu yang tidak tergabung dalam kelompok bernama Papua West Army. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini