Mengintip Keunikan Gapura Rentheng Pringapus di Temanggung

Kamis, 19 September 2019 12:31 Reporter : Beginoto M Franklin
Mengintip Keunikan Gapura Rentheng Pringapus di Temanggung Keunikan Gapura Rentheng Pringapus di Temanggung. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menjelang HUT RI tentu banyak RT, RW, Desa ,Dusun dan Insatansi berlomba lomba menghias wilayahnya dengan berbagai macam hiasan, baik taman, gapura, maupun lampu lampu hias. Tak terkecuali Dusun Pringapus Desa Klepu Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung, warga dusun berswadaya membuat Gapura yang konsepnya menarik, artistik namun dengan biaya yang terjangkau dengan swadaya masyarakat. Maka terciptalah Gapura Bambu sesuai dengan Nama Dusun yaitu Pringapus.

Pringapus merupakan jenis dari bambu yang sangat banyak tumbuh di wilayah dusun tersebut sehingga lekat kaitannya dengan sejarah nama dusun itu sendiri. Bambu-bambu yang awalnya hanya di rangkai dan dianyam sebagai penghias jalan masuk dusun, tetapi setelah banyak anyaman dan gapura didirikan ternyata terlihat unik dan menarik untuk dilihat. Karang Taruna setempat sepakat untuk lebih memperbanyak gapura gapura kecil hingga jumlahnya tak terhingga lagi dan saling terhubung satu sama lain, bahkan hingga meluas ke areal pemukiman yang letaknya bersebrangan jalan meski masih menjadi satu dusun.

©2019 Merdeka.com

Swadaya masyarakat kali ini tidak lagi bisa dihitung jumlahnya, warga semakin antusias tatkala melihat hasil karya dan kreasi para pemuda dusun untuk menghias kampung, sungguh di luar dugaan, gapura gapura bambu yang sederhana tapi menarik unik menghiasi seluruh jalan dusun, sebuah Gardu Pandang besar lengkap dengan tiang tiang bambu dan pilar pilar menjulang tinggi berdiri di tengah jalan persimpangan di dalam dusun.

Taman taman hijau dengan berbagai macam jenis bunga menjadi hiasan memanjakan mata agar tak jenuh memandang gapura gapura bambu. Lampu lampu hias yang menyala malam hari menambah damai suasana dan semakin membuat betah untuk berlama lama melihat keunikan dusun ini.

Gapura Rentheng Pringapus kini berubah fungsi. Awalnya untuk memeriahkan HUT RI ke 74 tapi kini menjadi daya tarik wisatawan mengunjungi Dusun ini. Dari hanya sekadar melihat keunikan gapura Rentheng, hingga berswa foto karena label istagramable atau ingin menikmati suasana damai ala Dusun Pringapus dengan warna warni lampu di malam hari.

©2019 Merdeka.com

Menyadari hal ini maka Karang Taruna Dusun Pringapus berubah dan berbenah. Mereka kemudian menambahkan lokasi-lokasi parker untuk para pengunjung, warung, kedai dan kafe sebagian sudah ada yang berdiri dan akan terus disempurnakan karena semakin banyaknya para pengunjung yang datang untuk berwisata di Dusun Pringapus.

Dari jalan utama Semarang Magelang letak Gapura Rentheng ini tidak terlalu jauh. Sebagai patokan adalah pasar Pringsurat yang berada di jalan utama. Sekitar pasar pengunjung harus berbelok ke barat ke arah Kranggan Temanggung. Dari pasar hanya sekitar 1 Km dan nanti di sisi kiri jalan akan terlihat bentangan bentangan gapura yang sudah menghiasi pinggir jalan hingga ke seluruh wilayah pringapus.

©2019 Merdeka.com

Belum ada tarif resmi untuk mengunjungi wilayah yang masih berupaya untuk menjadi Desa Wisata di Kecamatan Pringsurat ini. Jadi pengunjung masih bisa menikmati keindahan, keunikan dan kecantikan Gapura Rentheng dengan bujet terjangkau. Ingin mengunjunginya segera saja mendatangi Dusun Pringapus Desa Klepu Kecamatan Kranggan Temanggung. Temukan keunikan bangunan gapura yang cantik menarik dan Instagramable. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Berita Temanggung
  2. Temanggung
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini