Mengenal sosok polisi di video 'masuk Pak Eko' yang viral di medsos

Jumat, 24 Agustus 2018 19:21 Reporter : Merdeka
Mengenal sosok polisi di video 'masuk Pak Eko' yang viral di medsos Polisi Eko. ©Liputan6.com/nafiez rambu rabbani

Merdeka.com - Sosok polisi bernama Eko viral di media sosial berkat keahliannya melempar benda tajam ke sasaran. Bukan cuma pisau sangkur, Eko bahkan mampu melempar berbagai benda tajam mulai dari sendok makan hingga cangkul.

Aksinya yang dilakukan dengan gaya jenaka itu tidak pernah terlihat gagal. Yang paling khas, dia kerap melakukan aksinya sambil mengisap sebatang rokok yang diselipkan di sela giginya yang berlubang.

Ketika benda yang dilemparkan menancap ke sasaran, anak-anak yang berada di balik kamera sontak bersorak 'masuk Pak Eko' secara kompak. Eko pun melakukan selebrasi dengan mengangkat kedua jempolnya ke arah kamera ditambah senyum khasnya.

Rupanya pemilik nama lengkap Eko Hari Cahyono tersebut merupakan anggota kepolisian yang berdinas di Pusdik Sabhara Lemdiklat Polri di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Dia dikenal memiliki keterampilan melempar pisau sangkur.

"Memang dia punya keahliah pada kualifikasi itu. Walaupun itu di video kelihatannya sambil bercanda, tapi sebenarnya untuk ahli seperti itu butuh latihan yang keras," ujar Kapusdik Sabhara Lemdiklat Polri Kombes Guritno Wibowo, Jumat (24/8).

Bukan itu saja, perwira lulusan Bintara pada 1987 itu merupakan instruktur di bidang survival dan search and rescue (SAR). Eko telah mengabdikan dirinya di Korps Bhayangkara selama 31 tahun.

Saat ini dia bertugas di bagian Pendidikan Pengembangan Spesialis (Dikbangpes) tentang teknik dan taktik tugas-tugas kepolisian di bidang Sabhara.

"Jadi memang untuk survival dibutuhkan latihan seperti itu, meski ya latihannya tidak sampai dengan gergaji. Kalau dia lempar gergaji itu kan modifikasi saja," ucap Guritno.

Video aksi 'masuk Pak Eko' viral di berbagai media sosial. Eko sendiri cukup aktif di media sosial Instagram dengan akun bernama papi_eko_pusdik_sabhara_porong.

Sejauh ini, akun Instagram tersebut telah memiliki 20 ribu pengikut. Pak Eko juga telah mengoleksi 288 kiriman. Pada beberapa video aksi 'masuk Pak Eko' selalu dibanjiri puluhan ribu like dan ratusan komentar.

Reporter: Nafiysul Qodar

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Polisi buru penyebar hoaks gempa susulan di Lombok
Lewat akun medsos ini, masyarakat bisa laporkan polisi nakal
Kabareskrim ingatkan tugas reserse memberi kepastian hukum
Robek dan buang Alquran, Brigadir Tommy dituntut 1 tahun 4 bulan bui
Tolong anak tercebur di waduk, anggota Polres Banjar tenggelam
Komunitas warga Kalibata City laporkan pencopotan bendera merah putih ke polisi

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Polisi
  3. Video Viral
  4. VIRAL
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini