Mengenal Palai Bada, Kuliner Tradisional Sumbar yang Masih Eksis Hingga Sekarang

Rabu, 30 November 2022 02:02 Reporter : Lisa Septri Melina
Mengenal Palai Bada, Kuliner Tradisional Sumbar yang Masih Eksis Hingga Sekarang Mengenal Palai Bada, Kuliner Tradisional Sumbar. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Semua orang Indonesia pasti sudah tahu rendang. Makanan khas Sumatera Barat yang mendunia. Disebut-sebut sebagai salah satu makanan terenak di dunia.

Akan tetapi, Sumatera Barat memiliki beragam makanan khas yang tak kalah nikmat dari rendang. Salah satunya adalah palai bada.

Palai bada atau dikenal dengan bahasa Indonesianya pepes merupakan makanan tradisional asal Sumatera Barat yang hingga kini masih eksis dijual di tengah masyarakat, baik di pasar maupun warung-warung kecil.

Palai sendiri merupakan makanan berbahan utama parutan kelapa dan teri atau ikan kecil. Untuk memperkuat rasa, palai di campur dengan beragam bumbu seperti daun kunyit, daun serei, lengkuas, asam dan bumbu lainnya.

Kemudian, palai bada dibungkus mengunakan daun pisang lalu di bakar di atas sabut kelapa. Pembakaran dilakukan sampai bungkusnya hangus, namun isi di dalamnya tetap terjaga.

Pada masyarakat Sumatera Barat sendiri, palai bada ini sering dijadikan sebagai lauk yang dimakan bersamaan dengan nasi.

Salah satu penjual palai bada di Ampang Kota Padang Maiyarnis (45) mengatakan, menjual palai bada telah menjadi usaha keluarga yang ditekuninya sejak 15 tahun silam secara turun-temurun.

Dia mulai berjualan sejak pukul 10.00 hingga 17.00 Waktu Indonesia Barat dengan harga satu bungkus palai bada Rp10.000. Dalam sehari ia mampu menjual puluhan bungkus palai bada

"Palai ini olahan yang terbuat dari parutan kelapa, rempah-rempah, asam, cabe yang bahan utamanya adalah teri. Matang palai tergantung besar kecilnya api yang digunakan," tuturnya diwawancarai merdeka.com, Selasa, (29/11).

2 dari 2 halaman

Maiyarnis mengaku, pelangan yang membeli palai badanya tidak hanya berasal dari dalam daerah saja namun juga dari luar daerah Sumatera Barat hingga wisatawan luar Indonesia.

"Dari luar Sumbar kebanyakan itu dari Jakarta, Pekanbaru, dan kami juga pernah didatanggi wisatawan asal Malaysia sebelum wabah pandemi Covid-19," tuturnya.

Katanya, untuk saat ini pembeli yang banyak berasal dari kalanggan mahasiswa di Kota Padang Sumatera Barat.

[ray]

Baca juga:
Mencicipi Nasi Penggel, Kuliner Legendaris yang Unik dari Kebumen
Resep Bumbu Saus Padang Berbagai Bahan, Cocok untuk Menu Harian

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini