Menengok Aktivitas Niaga di Pelabuhan Teba Papua, Berkah Bagi Warga Lokal

Rabu, 15 September 2021 18:52 Reporter : Richard Jakson Mayor
Menengok Aktivitas Niaga di Pelabuhan Teba Papua, Berkah Bagi Warga Lokal Pelabuhan Teba Papua. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Rabu pagi, kapal KM Cantika Lestari 88 yang berlayar dari Kota Jayapura mengantar penumpang tiba di Pelabuhan Teba, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua.

Sandarnya kapal tersebut tidak hanya menurunkan penumpang, namun juga memberikan berkah bagi masyarakat setempat. Sudah bisa dipastikan, para penumpang yang akan melanjutkan perjalanan dengan tujuan pelabuhan lainnya seperti Pelabuhan Bagusa, Trimuris dan Kasunaweja, selalu menyempatkan untuk berbelanja bekal makanan dan minuman di Pelabuhan Teba.

Salah satu masyarakat Kampung Warembori, Yeremias Samber mengatakan, rata-rata mata pencarian masyarakat setempat adalah berkebun dan menjadi nelayan.

"Masyarakat di kampung sini mereka hidup dengan berkebun dan nelayan," kata Yeremias Samber di Pelabuhan Teba, Rabu (15/9).

Menurut Yeremias, masuknya kapal di Pelabuhan Teba bagi masyarakat setempat adalah sebuah berkah untuk mendapatkan uang dari hasil jualan makanan dan minuman.

"Masuknya kapal dan bersandar di Pelabuhan Teba berkah bagi masyarakat di sini untuk mendapatkan uang," ujar Yeremias.

Sementara itu, Renold salah satu penumpang dari Jayapura tujuan Kasunaweja menuturkan, ia baru pertama kali ke Kabupaten Mamberamo Raya dengan menumpang kapal.

Saat bersandar di Pelabuhan Teba, dia bersama dengan penumpang lainnya berbelanja kebutuhan makan dan minum sebagai bekal untuk menemani perjalanan ke Kasunaweja.

"Saya sangat simpati melihat aktivitas masyarakat yang mendagangkan barang dagangan mereka di atas lantai pelabuhan dengan beralaskan karung, karpet dan karton," sebut Renold.

Sekedar diketahui, kapal KM Cantika Lestari 88 melakukan perjalanan dari pelabuhan Jayapura pada Selasa (14/9) Pukul 15.00 WIT, dan tiba di Pelabuhan Teba pada Rabu (15/9) Pukul 06.00 WIT. Kemudian tiba di Pelabuhan terakhir Kasunaweja pada petang hari. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Papua
  3. Pelabuhan
  4. Jayapura
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini