Menag Yaqut Tegaskan Isu Dana Haji untuk IKN Hoaks

Selasa, 17 Mei 2022 15:02 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Menag Yaqut Tegaskan Isu Dana Haji untuk IKN Hoaks Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. ©Istimewa

Merdeka.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membatah isu dana haji digunakan untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Yaqut menyatakan isu tersebut hoaks benar alias tidak benar.

"Saya ingin menegaskan bahwa tidak benar kalau ada hoaks yang mengatakan bahwa dana haji digunakan pemerintah untuk keperluan ini dan itu, termasuk keperluan untuk membangun IKN. Itu sama sekali tidak benar," ujar Yaqut usai rapat terbatas mengenai persiapan penyelenggaraan haji 2022 dilihat di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5).

Yaqut menjelaskan, pemerintah justru memberikan subsidi kepada jemaah haji melalui Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Sehingga, para jemaah bisa pergi pergi haji dengan biaya lebih ringan.

"Yang ada justru melalui BPKH pemerintah mensubsidi jemaah haji agar biaya besar yang harus dikeluarkan oleh jemaah agar bisa ke tanah suci bisa lebih ringan bagi jemaah itu saya kira," jelas Yaqut.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, beredar tangkapan layar judul artikel menyebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat untuk mengikhlaskan dana haji dipakai pemerintah untuk IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara.

Kemenag menegaskan bahwa informasi itu hoaks dan menyesatkan.

"Itu fitnah dan menyesatkan. Narasi Menag minta dana haji untuk IKN itu hoaks," tegas Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kemenag Ahmad Fauzin di Jakarta, Minggu (8/5). [ray]

Baca juga:
Melihat Persiapan Pemerintah Urus Keberangkatan Ibadah Haji
Asrama Haji Pondok Gede Siap Layani Jemaah Sebelum Berangkat ke Tanah Suci
Bacaan Niat Haji Sesuai dengan Waktu Pelaksanaannya, Ketahui Rukunnya
Kemenag: 87,06% Calon Jemaah Haji Konfirmasi Siap Berangkat ke Tanah Suci
Garuda Indonesia akan Layani Jemaah Haji dari 9 Embarkasi, Ini Wilayah Cakupannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini