Laporan dari Arab Saudi

Menag Apresiasi Pemerintah Saudi Siapkan Rangkaian Ibadah Haji dengan Baik

Senin, 4 Juli 2022 23:12 Reporter : Lia Harahap
Menag Apresiasi Pemerintah Saudi Siapkan Rangkaian Ibadah Haji dengan Baik Menag Yaqut Bertemu Gubernur Makkah. ©2021 Istimewa

Merdeka.com - Pelaksanaan wukuf di Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah atau bertepatan hari Jumat, 8 Juli 2022. Wukuf di hari Jumat membuat pelaksanaan haji tahun ini sebagai haji akbar.

Haji akbar menjadi momentum paling ditunggu umat muslim di banyak negara termasuk masyarakat Saudi sendiri. Apalagi, mereka yang kebetulan menjadi jemaah haji tahun ini.

"Haji akbar akan menarik minat banyak orang untuk bisa datang ke sini untuk sama-sama melaksanakan ibadah haji," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, di Masjidil Haram, Senin (4/7).

2 dari 2 halaman

Menag yakin, pemerintah Saudi sudah melakukan berbagai antisipasi gelombang masyarakat yang ingin mengikuti haji akbar. Termasuk persiapan jelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina.

"Saya melihat kerajaan Arab Saudi sudah melakukan pengaturan yang baik dan informasi yang saya dapatkan dan saya terima persiapan di Arafah, Muzdalifah dan Mina juga cukup baik," katanya.

Secara keseluruhan, Menag berterima kasih atas pelayanan yang diberikan Saudi pada jemaah haji Indonesia. Dia berharap seluruh rangkaian ibadah haji akan lancar hingga akhir nanti.

"Saya apresiasi Kerajaan Saudi, Raja Salman, Putra Mahkota yang sudah mempersiapkan pelaksaan ibadah haji dengan baik dan mudah-mudahan semua diberi kelancaran," tutup Menag. [gil]

Baca juga:
Kemenag Tak Kelola Visa Haji Mujamalah, Hanya Kelola Reguler dan Khusus
Menag Janji Tindak Tegas Biro Perjalanan Berikan Visa Tak Resmi 46 Haji Furoda
Ridwan Kamil Berangkat Haji Atas Nama Almarhum Emmeril
DPR Minta Pemerintah Sanksi Tegas Travel Berangkatkan 46 Jemaah Haji Furoda
Ini Profil PT Alfatih Indonesia Terlibat 46 Haji Furoda Dideportasi Imigrasi Saudi
Alamat Kantor PT Alfatih Indonesia Terbangkan Haji Furoda Ternyata Sebuah Penginapan
Tiba di Mekkah, Menteri Agama Langsung Melaksanakan Umrah Wajib

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini