Manokwari Lumpuh, Mendagri Pastikan Pelayanan Masyarakat di Papua Tetap Aman

Senin, 19 Agustus 2019 11:20 Reporter : Henny Rachma Sari
Manokwari Lumpuh, Mendagri Pastikan Pelayanan Masyarakat di Papua Tetap Aman Suasana Mencekam di Papua Barat Usai Pembakaran Gedung DPRD Manokwari. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kerusuhan terjadi di Manokwari, Papua Barat buntut dari insiden yang terjadi di asrama mahasiswa Papua di Surabaya. Mereka menentang aksi rasisme terhadap mahasiswa Papua di wilayah Surabaya, Malang dan Semarang.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan pelayanan di kantor Pemda setempat tetap aman.

"Kami udah kontak dengan pemda. Melayani masyarakat tidak boleh berhenti. Saya kira jalan. Jadi seluruh aparatur provinsi, kota maupun kabupaten jalan, sampai tingkat kecamatan, sampai distrik jalan. Enggak ada masalah," kata Tjahjo kepada wartawan di kantornya, Senin (19/8).

Menurut laporan yang diterima Tjahjo, kerusuhan terjadi di pusat kota. "Kata mereka kejadian di kotanya saja. Tidak mengganggu aktivitas masyarakat. Kami terus monitor. Dengan video conference dengan kesbangpol setempat. Kami memastikan tata kelola pemerintahan tetap jalan. Kami monitor langsung dengan kesbangpol setempat. Jangan sampai ada yang tidak melayani masyarakat. ASN kami juga minta untuk tidak ikut demo," tegasnya.

Di samping itu, Tjahjo turut mengimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak ikut turun ke jalan.

"Kami minta ASN enggak boleh demo. ASN di setiap tingkatan harus kerja. Sesuai jadwal kerja untuk melayani masyarakat. Sekarang tinggal cari waktu untuk duduk bersama. Karena kami enggak bisa mengundang gubernur papua dan papua barat datang, karena apapun, kedua beliau lagi dibutuhkan di daerah setempat," tuturnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini