Lolos POP Kemendikbud, Tanoto Foundation Bakal Pakai Dana Mandiri

Kamis, 23 Juli 2020 12:56 Reporter : Bachtiarudin Alam
Lolos POP Kemendikbud, Tanoto Foundation Bakal Pakai Dana Mandiri Ilustrasi Guru. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

Merdeka.com - Pihak Tanoto Foundation lolos dalam Program Organisasi Penggerak (POP) yang diusung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mereka membantah penggunaan dana pemerintah untuk pengembangan program pendidikan.

Hal itu menyusul kritik anggapan terhadap Tanoto Foundation yang seharusnya tidak membutuhkan anggaran dari pemerintah. Karena dinilai mampu memberikan pelatihan serupa dengan biaya sendiri.

"Tanoto Foundation bukan program CSR dari suatu group business. Namun merupakan inisiatif independen untuk mendukung pemerintah meningkatkan prestasi siswa Indonesia," kata Communications Director Tanoto Foundation, Haviez Gautama pada keterangannya, Kamis (23/7).

Dia menjelaskan, keikutsertaan Tanoto Foundation dalam POP, karena Kemendikbud membuka dan mengundang seluruh organisasi di Indonesia untuk berkompetisi dalam program POP.

Haviez menambahkan, dalam POP Organisasi juga diberikan dua pilihan dalam pembiayaan baik secara mandiri dan/atau mengajukan permohonan pendanaan kepada pemerintah.

"Tanoto Foundation memilih jalur pembiayaan mandiri, dengan demikian keikutsertaan dalam POP, melalui Program PINTAR Penggerak, didesain tidak menggunakan dana pemerintah. Namun sepenuhnya dibiayai dana sendiri dengan nilai investasi lebih dari Rp50 miliar untuk periode dua tahun (2020-2022)," ungkapnya.

Lebih jauh, dia menerangkan, proses seleksi yang diikuti Tanoto Foundation sama halnya dengan proses seleksi terhadap 324 proposal dari 260 Ormas. Di mana akhirnya terpilih 183 proposal dari 156 ormas.

"Kami, melalui Program PINTAR Penggerak, Tanoto Foundation akan bekerja untuk mengembangkan kapasitas tenaga pengajar di 260 Sekolah Penggerak terbagi 160 SD dan 100 SMP. Rintisan di empat kabupaten, yakni Kampar Riau, Muaro Jambi, Tegal Jawa Tengah dan Kutai Barat Kalimantan Timur," tutupnya.

Baca Selanjutnya: Perlu diketahui bahwa Program Organisasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini