Ledakan Tambang di Sumbar, 6 Orang Masih Terjebak di Kedalaman 200 Meter

Jumat, 9 Desember 2022 14:57 Reporter : Bachtiarudin Alam
Ledakan Tambang di Sumbar, 6 Orang Masih Terjebak di Kedalaman 200 Meter Ledakan Tambang di Sawahlunto. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah tambang di Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meledak pada Jumat (9/12) pagi. Petugas Tim Rescue Gabungan hingga kini terus melakukan proses evakuasi terhadap enam pekerja yang masih terjebak di dalamnya.

"Saat ini masih dilakukan proses evakuasi terhadap para pekerja lubang yang diduga sebanyak 6 orang yang masih berada di dalam lubang oleh tim Rescue," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat saat dikonfirmasi, Jumat (9/12).

Dedi mengatakan dari laporan yang diterima, enam pekerja diduga tertimbun dalam tambang milik IUP PT. NAL yang kedalamannya mencapai 200 meter.

"Diperkirakan para pekerja lubang tambang yang masih terkurung di dalam lubang berada pada kedalaman 200 M, yang belum diketahui kondisi para pekerja tersebut," kata Dedi.

Sementara itu untuk kondisi dalam tambang, lanjut Dedi, ditemukan adanya kandungan gas metan dan beberapa rongga reruntuhan akibat letupan yang terjadi di dalam tambang.

"Diketahui kondisi lubang terdapat kandungan gas Metan, di samping itu terdapat beberapa reruntuhan akibat dari letupan kecil lubang tambang," jelasnya.

Sebelumnya, sembilan pekerja tambah sudah berhasil dievakuasi. Lima pekerja luka-luka dan empat lainnya meninggal dunia.

"Masih didalami oleh Polres dan Polda Sumbar turun untuk membackup proses penyelidikan. Fokus utama saat ini adalah evakuasi korban," jelasnya.

Baca juga:
Tambang di Sawahlunto Meledak, 4 Pekerja Meninggal Dunia dan 6 Orang Tertimbun
Ismail Bolong Belum Diselidiki Soal Suap Tambang Ilegal ke Petinggi Polri
Meski Tidak Punya Tambang Mineral, Solo Dinilai Layak Jadi Kota Riset Teknologi
Hendra Kurniawan Bungkam soal Ismail Bolong Tersangka Tambang Ilegal
Polri Lengkapi Berkas Perkara Ismail Bolong
Ismail Bolong Terancam 5 Tahun Penjara Terkait Tambang Ilegal di Kaltim
Kemenko Marves Soal Hilirisasi Tambang: Jangan Lagi Seperti Monyet dan Ayam

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tambang
  3. Padang
  4. Viral Hari Ini
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini