Kronologi Kecelakaan Bus di Ciamis hingga Menewaskan Empat Orang

Minggu, 22 Mei 2022 08:39 Reporter : Bachtiarudin Alam
Kronologi Kecelakaan Bus di Ciamis hingga Menewaskan Empat Orang Kecelakaan bus di Camis. Antara

Merdeka.com - Insiden nahas menimpa rombongan peziarah Majelis Ta’lim Tarbiatul Muftabi’in asal Tangerang, Banten. Bus ditumpangirombongan ziarah dari Panjalu mengalami kecelakaan di Jalan Raya Payungsari, Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (21/5) sore.

"Benar rombongan bus yang terlibat laka di Ciamis mengangkut penumpang yang akan wisata," kata Kapolres Ciamis Akbp Tony Prasetyo dalam keterangannya, dikutip Minggu (21/5).

Tony membeberkan kronologi awal mula bus PO Pandawa yang membawa rombongan peziarah mengalami kecelakaan tersebut. Bus berangkat dari Balaraja Tangerang tengah melaju dari arah Utara atau Panjalu menuju arah Selatan arah Panumbangan, Ciamis.

"Di TKP menemui jalan menurun menabrak Kendaraan Microbus yang sedang berhenti di pinggir jalan sebelah kiri," ujar dia.

Usai menabrak microbus bus yang terparkir di bahu jalan, bus PO Pandawa masih kembali menabrak kendaraan sepeda motor dan mobil boks dari arah berlawanan. Akibat dari tabrakan beruntun tersebut, sopir semakin hilang kendali hingga akhirnya kembali menabrak bangunan rumah di kanan jalan dan berhenti.

Untuk empat orang korban meninggal dunia, menurutnya, sudah berada di RSUD Ciamis untuk diproses lebih lanjut. "Sedangkan yang luka ringan maupun sedang mendapatkan penanganan medis di PKM Payungsari 16 orang. Serta ada sejumlah korban yang dirawat di pusat kesehatan masyarakat Panjalu," kata dia.

2 dari 2 halaman

Tiga Korban Meninggal Dunia Warga Tangerang

Dari video yang beredar usai bus berhenti, banyak serpihan rumah yang berserakan setelah dihantam Bus PO Pandawa. Terlihat juga para penumpang yang selamat turut dievakuasi warga sekitar melalui kaca belakang bus.

Polda Banten terus melakukan koordinasi dengan Polda Jabar terkait kecelakaan bus maut tersebut. Dari keterangan kepolisian setempat, korban meninggal merupakan warga Tangerang.

"Hingga dini hari ini, ada 4 korban MD yg saat ini ada di RSUD Ciamis yaitu Ibu Hj Sri Mulyani (45), warga Sukamulya, Tgr. Dua korban dari Payungsari an. Bpk Feri, Ibu Enok dan Ibu Omah dari Pagerageng," kata Kabid Humas Polda Banten, Shinto Silitonga.

Sementara untuk para korban jenazah sampai saat ini pihak kepolisian telah mengevakuasi dan membantu proses pemakaman korban.

"Pasca kejadian, Kapolda Banten melalui Dirbinmas Polda Banten Kbp Sofwan Hermanto telah menugaskan Bhabinkamtibmas Desa Sukamulya Kec. Sukamulya Aipda Ikrar Dinata untuk langsung ke keluarga duka," ucap Shinto.

Sedangkan dari hasil pemeriksaan sementara pihak kepolisian tercatat jika total rombongan peziarah total 118 orang. Berangkat pukul 00.00 Wib, menggunakan 2 unit bus dari PO Komara dan PO Pandawa Nopol DK-7307-WA

"Sesuai info dari Kades Sukamulya, keberangkatan rombongan ziarah tidak ada pemberitahuan kepada perangkat desa," kata dia.

Baca juga:
Bus Rombongan Ziarah Tabrak Sejumlah Kendaraan dan Rumah di Ciamis, 4 Orang Meninggal
Bus Tabrak Rumah dan Kendaraan di Ciamis, Tiga Orang Meninggal
Sopir Utama Bus Tertidur Pulas saat Kecelakaan Maut di Tol Sumo
Fakta Baru Kasus Kecelakaan Bus di Tol Sumo, Tim Khusus Kerja Keras Selidiki Ini
Korban Meninggal akibat Kecelakaan Bus di Tol Sumo Bertambah Jadi 15 Orang
Polisi Tetapkan Sopir Bus Tersangka Kecelakaan Maut di Tol Sumo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini