KPK akan Telusuri Catatan Buruk 20 Capim Lolos usai Seleksi Profile Assessment

Jumat, 23 Agustus 2019 21:45 Reporter : Merdeka
KPK akan Telusuri Catatan Buruk 20 Capim Lolos usai Seleksi Profile Assessment Capim KPK tes psikologi. ©2019 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi telah mengumumkan 20 nama yang lolos dalam tahap profile assessment. Lembaga antirasuah menyoroti sejumlah catatan buruk dari para kandidat Capim KPK tersebut.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyampaikan, pihaknya telah membeberkan data rekam jejak yang pernah diminta Pansel Capim KPK.

"Data rekam jejak itu kami olah berdasarkan informasi yang diterima dari masyarakat, kemudian kami cek ke lapangan, data penanganan perkara di KPK, hingga pelaporan LHKPN dan Gratifikasi," jelas Febri dalam keterangannya, Jumat (23/8).

Dari 20 nama yang lolos hasil tes profile assessment tersebut, kata Febri, memang terdapat sejumlah calon yang bisa disebut memiliki rekam jejak cukup baik. Namun begitu, masih ada sosok yang teridentifikasi memiliki catatan negatif.

"Seperti ketidakpatuhan dalam pelaporan LHKPN, dugaan penerimaan gratifikasi, dugaan perbuatan lain yang pernah menghambat kerja KPK, dugaan pelanggaran etik saat bekerja di KPK, dan lainnya," jelas dia.

Untuk itu, lanjut Febri, KPK akan membahas kembali rencana lanjutan penelusuran rekam jejak setelah Pansel mengumumkan 20 nama tersebut.

Untuk masukan dari masyarakat, Febri menyebut baik itu informasi ataupun laporan yang dapat ditindaklanjuti, dapat disampaikan ke KPK melalui email pengaduan@kpk.go.id atau melalui Call Center KPK 198.

"Kami mengajak masyarakat yang selama ini menjaga dan merawat KPK agar terlibat aktif mengawal proses seleksi ini," Febri menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini