Komnas HAM: Praktik Merendahkan Manusia, Khususnya Perempuan dan Anak Masih Terjadi

Jumat, 26 Juni 2020 08:32 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Komnas HAM: Praktik Merendahkan Manusia, Khususnya Perempuan dan Anak Masih Terjadi Ilustrasi Penganiayaan. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock

Merdeka.com - Komisi Perlindungan Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyoroti terkait masih ada praktik penyiksaan dan perlakuan merendahkan martabat manusia (ill treatment) khususnya perempuan dan anak di Indonesia. Walaupun sudah memiliki banyak kerangka normatif, praktik tersebut terus terjadi dan berulang.

Pimpinan Transisi Komnas Perempuan, Mariana Amiruddin mengatakan, berdasarkan pemantauan sepanjang tahun 2019-2020 terhadap tahanan perempuan dalam konteks konflik di Papua dan Papua Barat, ditemukan adanya indikasi perlakuan penyiksaan dan ill treatment terkait kasus makar.

"Terutama ketika mereka melakukan demonstrasi dan menyatakan pendapat," katanya dalam pesan singkat, Jumat (26/6).

Selain perempuan, dia menjelaskan, Komnas HAM juga memantau terhadap beberapa kasus pada anak dan menunjukkan adanya kerentanan penyiksaan. Misalnya terjadi pada anak-anak yang terlibat dalam demo Bawaslu dan demo penolakan RKUHP 2019 yang lalu.

"Anak-anak juga mendapatkan perlakuan yang tidak tepat saat diamankan aparat di lokasi demo maupun saat menjalani proses di Kepolisian," jelasnya.

Baca Selanjutnya: 15 Kasus Dugaan Penyiksaan Merendahkan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini