Kloter 1 Jemaah Haji Asal Sukoharjo Tiba di Debarkasi Solo

Minggu, 18 Agustus 2019 14:00 Reporter : Arie Sunaryo
Kloter 1 Jemaah Haji Asal Sukoharjo Tiba di Debarkasi Solo Kloter 1 Jemaah Haji Asal Sukoharjo Tiba di Debarkasi Solo. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kloter 1 jemaah haji asal Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah tiba di Debarkasi Solo. Sebanyak 360 jemaah mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo, pukul 10. 45 WIB. Kedatangan rombongan terlambat sekitar 1 jam dari rencana awal pukul 9.45 WIB.

"Dari Jeddah, King Abdul Aziz berangkat pukul 17.30. Perjalanan kami lancar, transit di Bandara Ahmedabad, India untuk mengisi BBM sekitar satu jam. Kemudian meneruskan perjalanan dan Alhamdulillah siang ini sampai di Solo," ujar Suratmin, petugas kloter 1.

Terkait keterlambatan sekitar 1 jam, menurut dia, dikarenakan ada antrean pesawat saat akan landing di Bandara King Abdul Aziz. Namun secara umum perjalanan kloter 1 dari Tanah Suci hingga Tanah Air berjalan lancar.

Kasubag Penerangan Humas dan Protokol Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Agus Widagdo menambahkan, usai tiba di badara, jemaah haji langsung dibawa ke gedung Muzdalifah untuk mendapatkan termoscan suhu tubuh. Jika ada indikasi melebihi suhu tubuhnya akan diobservasi lebih lanjut.

"Thermoscan ini kita lakukan mengantisipasi virus atau apapun di yang dibawa dari luar negeri," katanya.

Agus menyampaikan, hari ini ada 4 kloter yang akan tiba di tanah air. Selain Sukoharjo, jemaah berasal dari Karanganyar dan Wonogiri. Terkait jumlah jemaah yang wafat, kata dia, hingga saat ini ada 22 orang.

"Tahun ini ada pengetatan terkait istitoah kesehatannya. Alhamdulillah cuaca di Arab Saudi ketika armusna diberikan hujan suasana sejuk, ini memberikan pengaruh untuk kesehatan jemaah. Mudah-mudahan sampai dengan kloter 97 tren positif ini tetap lanjut," pungkas dia. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Haji 2019
  2. Haji
  3. Surakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini