Kisah Menyentuh Mantan Jenderal TNI ini Bikin Hati Prajurit Terharu

Jumat, 10 Mei 2019 05:30 Reporter : Syifa Hanifah
Kisah Menyentuh Mantan Jenderal TNI ini Bikin Hati Prajurit Terharu Jenderal TNI Mulyono dilantik sebagai KASAD. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Ini adalah kisah dari seorang Jenderal TNI Mulyono saat masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat atau Kasad. Ada beberapa momen sikap sang jenderal yang membuat hati prajurit terharu.

Meski Mulyono adalah seorang jenderal, dalam momen-momen ini seperti tak ada jarak dengan prajurit. Sama rasa dan setara.

Tidak hanya sikapnya, namun juga pernyataan-pernyataan Jenderal Mulyono juga menyentuh hati para prajurit TNI. Berikut ceritanya:

1 dari 4 halaman

Saya Tidak Berarti Apa-Apa Tanpa Kalian Semua

Memiliki pangkat bintang empat tidak membuat seorang Jenderal Mulyono menjadi sombong. Mantan Kasad ini mengatakan kekuatan angkatan darat bukan ada pada diri komandannya, tetapi kekuatan angkatan darat ada pada diri prajurit-prajuritnya. Untuk itu dia meminta kepada semua prajurit-prajuritnya tidak takut terhadap dirinya.

"Saya adalah rekan kamu, saya adalah rekan kalian, jadi jangan ada takut-takut. Kamu jangan lihat pangkat saya kita mempunyai tugas sama-sama. Kekuatan seseorang pemimpin ada di dalam diri prajurit-prajuritnya. Saya tidak berarti apa-apa tanpa kalian semua," kata Mantan Kasad Mulyono dihadapan prajuritnya.

2 dari 4 halaman

Saya Pelayan Kalian

Mantan Kasad Jenderal Mulyono terkenal dengan sikapnya yang sangan rendah hati. Mulyono selalu menyebut dirinya cuma pelayan bagi para prajuritnya.

"Saya ini cuma pelayan kalian. Kalian butuh apa saya kasih. Jadi jangan anggap Kasad lebih tinggi dari kalian semua. TNI AD besar bukan karena saya, tapi karena kalian semua," ujar Mulyono.

3 dari 4 halaman

Saya Adalah Kawanmu

Sewaktu menjadi Kasad, Mulyono terkenal sangan dekat dengan para prajurit-prajuritnya. Dia tak segan untuk merangkul anak buahnya. Bahkan di hadapan anak buahnya dia berani melepas pangkatnya. Dia ingin membuktikan Kasad bisa menjadi teman bahkan sahabat untuk prajuritnya.

"Anda jangan melihat saya wah bintangnya empat," katanya dan dia langsung melepasnya dan prajurit yang bersamanya langsung mengambil bintang tersebut.

"Jangan takut sama komandan, dia adalah temanmu juga, Saya adalah kawanmu juga. Kau punya masalah apa, tanyakan kepada saya. Saya tidak mau, tidak ingin tentara ada manajemen ketakutan, tidak boleh. Saya akan menghargai apapun pertanyaan kalian," ujar Mulyono.

4 dari 4 halaman

Tentara Adalah Teamwork

Jenderal Mulyono mengatakan seorang TNI tidak boleh takut terhadap pimpinannya. Sebab kesuksesan tentara adalah berkat kerjasama tim.

"Jadi tidak boleh takut tentara ada pimpinan ada bawahan tapi kita adalah tim. Tentara adalah teamwork, kerjasama. Tidak ada yang namanya hebat tuh kasad enggak ada, saya tidur-tiduran kamu yang cari musuh," kata Mulyono. [has]

Baca juga:
Begini Jadinya Para Jenderal TNI Ikut Latihan Keras Bareng Prajurit
Kisah Prajurit TNI Antarkan Anak-Anak Sekolah di Tengah Banjir Sungai Mamberamo
Kisah Keakraban Panglima TNI Dan Kapolri, Sampai Bikin Kejutan di Pesawat
Panglima TNI Tegaskan Netralitas TNI Masih Terjaga di Pemilu 2019
Mutasi 35 Jenderal TNI, Kadispen AU Jadi Wadanjen Akademi TNI

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini