Kemenkes Catat 8 Provinsi dengan Tingkat Positivity Rate Sedang

Senin, 30 Agustus 2021 21:34 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Kemenkes Catat 8 Provinsi dengan Tingkat Positivity Rate Sedang Budi Gunadi Sadikin. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan mencatat terdapat 8 provinsi dengan tingkat positivity rate rata-rata 7 hari berada di level 'sedang'. Level sedang berarti angka positivity rate berada di kisaran 5 hingga 15 persen.

"Angka 5 persen positivity rate itu kira-kira mendekati kondisi dimana sudah mulai normal," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (30/8).

Delapan provinsi dengan positivity rate sedang tersebut, antara lain DKI Jakarta (8,11 persen), Papua Barat (10, 49 persen), Maluku (11,29 persen), Banten (11,51 persen), dan Sulawesi Tenggara (12,63 persen). Selanjutnya ada Kalimantan Timur (13,92 persen), Maluku Utara (14,11 persen), Kepulauan Riau (14,17 persen), NTB (14,25 persen), dan Papua (14,47 persen).

Sementara untuk provinsi lain, angka positivity rate rata-rata 7 hari masih berada di atas 15 persen. Provinsi-provinsi tersebut, lanjut Budi harus terus meningkat testing dan tracing.

"Di provinsi masih tinggi positivity rate-nya. Mereka harus terus meningkatkan testing tracing-nya supaya kalau ketemu cepat dimasukin diisolasi terpusat," ungkap dia.

"Kalau tidak, artinya testing tracing kurang yg tertular tuh masih berkeliaran di mana-mana tanpa kita ketahui. Itu bahaya. Itu sebabnya hal kedua yang harus dipastikan benar-benar testing trecing-nya mesti jalan," tegas dia.

Sementara itu, secara nasional positivity rate rata-rata 7 hari berada di angka 12,8 persen. Khusus untuk hari ini, positivity rate secara nasional berada di angka 8 persen.

"Tetapi karena kasus konfirmasi dan testing itu setiap Sabtu, Minggu, Senin pasti lebih rendah karena hari libur, kita juga sesuai juga dengan aturan WHO kita lihatnya rata-rata 7 hari," tandas Budi.

Baca juga:
Menteri PPPA: Penanganan Yatim Piatu Covid-19 Dilakukan Lintas Sektor
Luhut Ingatkan Jangan Sampai Kembali Terjadi Peningkatan Covid Seperti Negara Lain
Luhut: Positif Covid-19 dan Masih Aktivitas di Publik Langsung di Karantina
Mobilitas dan Tingkat Kematian Akibat Covid-19 di Luar Jawa-Bali Masih Tinggi
Menko Luhut: Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi Bakal Wajib di Seluruh Akses Publik

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini