Kemendagri Minta Polisi Usut Fakta Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat

Selasa, 25 Januari 2022 15:29 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Kemendagri Minta Polisi Usut Fakta Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat Potret Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat. YouTube MerdekaDotCom ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendukung proses pengusutan tindakan praktik perbudakan modern di rumah Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin. Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benny Irawan mengatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada penegak hukum agar kasus tersebut segera diproses.

"Kemendagri mendukung proses pengusutan yang sedang dilakukan saat ini dan menyerahkan sepenuhnya proses hukum lebih lanjut kepada aparat penegak hukum," katanya dalam pesan singkat, Selasa (25/1).

Dia menuturkan saat ini aparat penegak hukum sudah terjun langsung menindaklanjuti permasalahan tersebut. Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengatakan ada 27 orang yang dievakuasi dari kerangkeng di rumah Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-angin.

Saat ini puluhan orang itu dalam proses evakuasi ke Dinas Sosial. Namun, tak diketahui pasti Dinas Sosial mana yang digunakan Polda Sumut untuk mengevakuasi 27 orang itu.

"Hasil pendalaman ada 27 orang yang kami evakuasi dari tempat tersebut ke Dinas Sosial," katanya, Senin (24/1).

Lanjut Hadi, Polda Sumut masih terus menyelidiki temuan kerangkeng yang ada di rumah Bupati Langkat tersebut. Pasalnya, Bupati Langkat mengaku bahwa kerangkeng itu digunakan untuk tempat rehabilitasi narkoba sejak tahun 2012.

"Pengakuan sementara penjaganya itu merupakan tempat penampungan orang yang kecanduan narkoba, dan kenakalan remaja. Dibuat sejak tahun 2012 inisiatif Bupati Langkat," ungkapnya. [fik]

Baca juga:
Anggota DPR Soal Bupati Langkat Punya Kerangkeng: Seperti Kolonial Belanda
Perbudakan Dilakukan Bupati Langkat Diduga Sudah Berlangsung 10 Tahun
KSP Minta Bupati Langkat Dihukum Berat Terkait Kasus Korupsi dan Perbudakan
Mabes Polri soal Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat: Jelas Itu Ilegal!
Saat OTT, KPK Akui Lihat Dua Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat
KPK akan Kerja Sama untuk Mengungkap Dugaan Perbudakan di Rumah Bupati Langkat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini