Kekurangan Logistik, 4 Kabupaten di Kaltim Pemilu Susulan 20 April

Kamis, 18 April 2019 15:52 Reporter : Saud Rosadi
Kekurangan Logistik, 4 Kabupaten di Kaltim Pemilu Susulan 20 April Ilustrasi Pemilu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Empat kabupaten di Kalimantan Timur rencananya bakal melakukan pencoblosan susulan pada Sabtu (20/4) lusa. Hal itu dilakukan sebab pada 17 April kemarin terjadi kekurangan logistik surat suara dan kotak suara.

Empat kabupaten itu adalah di kabupaten Mahakam Ulu 4 TPS, di kabupaten Kutai Kartanegara 8 TPS, kabupaten Berau 11 TPS dan kabupaten Kutai Barat berjumlah 20 TPS. Keseluruhannya, Pemilu susulan bakal digelar di 43 TPS.

Rapat koordinasi dilakukan hari ini di kantor Gubernur Kalimantan Timur sebagai persiapan.

"Empat TPS di Mahakam Ulu, kekurangan 900 surat suara Pilpres. Untuk di Kutai Barat, sekarang sedang proses sortir. Ini karena keterlambatan logistik," kata Komisioner KPU Kalimantan Timur, Iffa Rosita, dalam penjelasan dalam rapat koordinasi, Kamis (18/4) sore.

Selain itu, lanjut Iffa, 8 TPS di Kutai Kartanegara kekurangan 35 kotak suara. "Kami sudah koordinasi ke KPU kabupaten dan kota. Yang kelebihan kotak suara, bisa dikirim ke 4 kabupaten dan kota yang kekurangan kotak suara," ujar Iffa.

Ditemui usai kegiatan, Asisten I Sekretariat Provinsi Kalimantan Timur, M Sabani, menerangkan dari rapat koordinasi bersama kabupaten dan kota terungkap, partisipasi masyarakat meningkat drastis, menyusul kerja keras banyak pihak mensukseskan Pemilu.

"Meningkat drastis dibanding Pilkada dan Pemilu sebelumnya di 2014. Bahwa benar, ini memang buah kerjasama yang baik semua pihak. Untuk kabupaten yang belum tuntas pemungutan suara dan susulan, ada yang terlambat karena logistik hingga kekurangan. Seperti soal tidak tersedianya surat suara," kata Sabani. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Pilpres 2019
  2. Pemilu 2019
  3. KPU
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini