Kasus 'bebek nungging' Zaskia Gotik makin pelik

Kamis, 31 Maret 2016 09:56 Reporter : Angga Yudha Pratomo
Kasus 'bebek nungging' Zaskia Gotik makin pelik Zaskia Gotik usai diperiksa di Mapolda Metro. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Pedangdut Surkianih alias Zaskia Gotik tengah terjerat kasus pelecehan lambang negara. Semua bermula dari bercanda, namun melupakan etika pada sebuah acara televisi. Bukan semakin membaik, kasus menderanya berangsur justru makin pelik.

Banyak pihak melaporkan Zaskia Gotik dalam kasus ini. Awalnya hanya sekelompok Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melaporkan pedangdut itu ke kepolisian Polda Metro Jaya. Beruntung, laporan itu berakhir pada perdamaian. Zaskia langsung menemui kelompok LSM dan berdamai.

Dalam pembelaannya, Zaskia kerap berdalih hanya orang bodoh dengan predikat lulusan SD sehingga tidak hapal Pancasila dan lambang negara. Bahkan dirinya akui tidak sadar bila candaannya berujung masalah.

Belum berakhir sampai di situ, dalam kasus pelecehan lambang negara ini, bukan hanya Zaskia terseret namanya. Para artis pendukung dalam program acara televisi, itu satu per satu juga mulai dipanggil polisi, di antaranya Raffi Ahmad, Julia Perez, Denny Cagur dan tim kreatif televisi.

Selain itu, banyak pihak lain juga melaporkan Zaskia Gotik. Salah satunya kelompok mengatasnamakan Artis Cinta Lambang Negara. Mereka melaporkan Zaskia dengan didampingi pengacara Razman Nasution.

Selama kasus 'bebek nungging' bergulir, Zaskia akhirnya memenuhi pemanggilan kepolisian, Rabu (30/3) kemarin. Dia dipanggil sebagai saksi dalam kasusnya. Lebih kurang ada 17 pertanyaan diberikan polisi kepada Zaskia guna mengorek kasus ini.

Kuasa Hukum Zaskia, Edi Ribut Harwanto, mengaku kliennya bakal bertindak kooperatif dalam kasus ini. Pihaknya juga bakal mengikuti pelbagai proses pemeriksaan nanti. Bahkan Zaskia, kata Edi, juga siap bila harus ditetapkan tersangka.

"Kan kita tak bisa menghukum orang yang tak bersalah. Tentunya neng sebagai warga negara yang baik segala apapun masalah ini akan dihadapi dengan penuh kebijakan. Siap neng (Jika jadi tersangka)," kata Edi, kemarin.

Guna meringankan kasusnya, Zaskia mengirimkan surat permintaan maaf kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Surat itu sengaja dibuat Zaskia dengan harapan dirinya bisa dimaafkan oleh publik.

Menurut Edi, ini dilakukan lantaran Zaskia saat ini seakan-akan jadi salah satu musuh bersama dan terus dihujat publik. Maka itu, surat permintaan maaf kepada Jokowi juga sebagai tanda bahwa kliennya serius meminta maaf dalam kasus ini.

"(Bikin surat) Supaya dimaafkan Presiden, karena ini terkait negara. Neng tidak ada itikad buruk menghina, ini surat adalah inisiatif Neng sendiri," terangnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini