Kapolri Libatkan Penyidik Tipikor Usut Privat Jet Disewa Brigjen Hendra Kurniawan

Jumat, 30 September 2022 15:03 Reporter : Nur Habibie
Kapolri Libatkan Penyidik Tipikor Usut Privat Jet Disewa Brigjen Hendra Kurniawan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. ©2022 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menanggapi polemik privat jet yang ditumpangi Brigjen Hendra Kurniawan ke Jambi. Saat itu, Brigjen Hendra mendatangi kediaman keluarga Brigadir J di malam setelah pembunuhan di rumah dinas Ferdy Sambo terjadi.

Kapolri mengungkapkan saat ini pemeriksaan terkait privat jet yang ditumpangi Brigjen Hendra Kurniawan tengah berlangsung. Bahkan, ia melibatkan penyidik dari Tipikor.

"Soal Privat Jet saat ini Propam sedang melakukan pemeriksaan bersamaan Tipikor," kata Kapolri Sigit dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jumat (30/9).

Penelusuran terkait sumber uang yang digunakan Brigjen Hendra Kurniawan untuk menyewa privat jet tersebut.

"Apa dan dari mana asal uang untuk membayar privat jet. Sedang diperiksa, dengan PT penyelenggara dan yang melakukan penyewaan," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J atau Nofrianysah Yosua Hutabarat yang diduga dilakukan atasannya, Irjen Ferdy Sambo, masih menjadi perhatian Indonesia Police Watch (IPW). Lembaga ini menyoroti penggunaan pesawat jet pribadi saat Brigjen Hendra Kurniawan dan anggotanya terbang ke Jambi untuk menemui orang tua korban, dan menduga ada kaitannya dengan bos judi online.

IPW meminta agar Polri mengusut penggunaan pesawat pribadi itu, termasuk kaitannya dengan temuan PPATK mengenai transaksi Rp155 triliun dari perjudian online.

Tim Khusus Polri juga diminta mengungkap keterlibatan sosok RBT dan YS dalam kasus Irjen Ferdy Sambo dan Konsorsium 303, sekaligus membongkar peranan mereka.

Baca juga:
Sidang Etik Brigjen Hendra Kurniawan Tak Kunjung Digelar, Polri: Mohon Sabar
MKD Akan Panggil Sekjen Gara-Gara Ketua IPW Tidak Bisa Masuk DPR
Alasan Polri Belum Gelar Sidang Etik Brigjen Hendra Kurniawan
IPW Batal Penuhi Undangan MKD DPR Soal Jet Pribadi Ditumpangi Brigjen Hendra
Diundang MKD, IPW Bakal Buka-bukaan soal Jet Pribadi Ditumpangi Brigjen Hendra
Saksi Kunci Selesai Dioperasi, Sidang Etik Brigjen Hendra Digelar Pekan Depan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini