Jokowi Segera Bertemu Tokoh Adat dan Agama Papua

Kamis, 29 Agustus 2019 21:22 Reporter : Merdeka
Jokowi Segera Bertemu Tokoh Adat dan Agama Papua Jokowi di Papua. ©Setpres RI

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo memastikan akan segera bertemu dengan tokoh adat dan tokoh agama Papua. Rencananya, Jokowi akan memanggil mereka di Istana Negara Jakarta.

Pertemuan tersebut awalnya direncanakan pada minggu ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berjanji secepatnya bertemu dengan tokoh adat Papua.

"Kita sudah berusaha tapi waktunya saja. Sebetulnya minggu ini kami rencanakan, tapi belum memungkinkan dan akan kami lakukan dalam waktu yang secepatnya baik tokoh muda dan tokoh agama (Papua)," ujar Jokowi di Alun-alun Purworejo Jawa Tengah, Kamis (29/8).

Pertemuan tersebut dikatakan Jokowi sebelumnya untuk membahas masalah percepatan pembangunan di Bumi Cenderawasih itu. Jokowi menekankan bahwa pemerintah terus berkomitmen untuk memajukan Papua baik di bidang fisik ataupun Sumber Daya Manusia (SDM).

"Agar kita semuanya utamanya khususnya mama-mama, pace, mace, anak-anak Papua bisa lebih maju dan lebih sejahtera," ucapnya.

Terkait kerusuhan yang terjadi di Jayapura Papua hari ini, dia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak bertindak anarkis. Terlebih, sampai merusak fasilitas umum.

"Kita semuanya akan rugi apabila ada fasilitas-fasilitas umum, fasilitas-fasilitas publik, fasilitas-fasilitas masyarakat yang kita bangun bersama jadi rusak atau dirusak," ujar Jokowi.

Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) yang berlokasi di Kotaraja, Distrik Abepura, Papua, dibakar massa yang sedang melakukan aksi demo. Saat ini massa sedang berjalan kaki ke arah Jayapura.

Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mencatat massa bertindak di luar kendali di tujuh titik. Pertama pembobolan dan perusakan Lapas Abepura. Kedua Pembakaran Polsek Jayapura Selatan, lalu perusakan dan pembakaran pertokoan PTC di Jayapura Selatan, selanjutnya perusakan beberapa kendaraan mobil dinas TNI dan Polri.

Kelima pembakaran Samwil di pinggir Jalan Hamadi. Keenam perusakan mobil-mobil di sepanjang jalan yang dilewati massa, terakhir pembakaran belakang kantor Majelis Rakyat Papua (MRP).

Reporter: Lisza Egeham

Sumber: Liputan6.com [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini