Jokowi sebut Labuan Bajo akan jadi Destinasi Wisata Super Premium

Senin, 20 Januari 2020 10:45 Reporter : Merdeka
Jokowi sebut Labuan Bajo akan jadi Destinasi Wisata Super Premium Jokowi. ©Liputan6.com/Lizsa Egeham

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo menjadi super premium akan mulai dibenahi pada awal 2020. Untuk itu, dia menekankan pentingnya kebersihan, keamanan, dan kenyamanan sebab segmen wisatawan di Labuan Bajo adalah yang memiliki pengeluaran besar.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo di Plataran Komodo, Nusa Tenggara Timur, Senin (20/1/2020).

"Yang pertama yang berkaitan dengan penataan kawasan, kita memang ingin segmen pasar wisatawan yang hadir di sini adalah yang pengeluarannya lebih besar dari wisatawan kebanyakan," kata Jokowi.

"Oleh sebab itu, kita perlu sekali melakukan integrasi baik berkaitan dengan kerapian, kebersihan, kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan," sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan bahwa destinasi wisata di Labuan Bajo dibagi menjadi lima zona, yakni Bukit Pramuka, Bukit Air, Pelabuhan Peti Kemas, Dermaga Penumpang, Kawasan Marina, dan Kampung Ujung. Jokowi ingin lima zona ini segera ditata sehingga bisa menjadi kawasan wisata super premium.

"Lima zona ini akan menjadi ruang publik yang tidak terputus yang menghadirkan sebuah landscaping yang indah, yang menjadi generator penggerak pembangunan kawasan pusat aktivitas masyarakat di Labuan Bajo," jelas dia.

Untuk mendukung Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium, Jokowi menuturkan perlunya tambahan hotel berbintang. Selain itu, juga meminta Menteri Perhubungan segera menyiapkan landasan pacu (runway) dan terminal di Bandara Internasional Komodo.

Mantan Walikota Solo itu ingin Bandara Internasional Komodo di Labuan Bajo menjadi lalu lintas untuk mendatangkan banyak wisatawan baik nasional maupun mancanegara.

"Karena pengelolanya memiliki kemampuan, memiliki jaringan yang baik dalam mendatangkan wisatawan ke Labuan Bajo," ucap Jokowi.

Rapat terbatas dengan topik pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo ini , dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata Wishnutama, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Menteri BUMN Erick Thohir. Ada pula Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur NTT Victor Laiskodat.

1 dari 1 halaman

Warga Lokal Harus Dilibatkan

Jokowi meminta agar masyarakat lokal tetap dilibatkan. "Berkaitan dengan penyiapan SDM, kita ingin masyarakat di sini, masyarakat lokal harus menikmati dan menjadi bagian dari pembangunan yang kita lakukan," ujar Jokowi.

Untuk itu, dia ingin agar kemampuan dan keterampilan masyarakat lokal lebih ditingkatkan serta disesuaikan dengan kebutuhan industri pariwisata. Jokowi meminta agar adanya Creative Hub sehingga UMKM tak ditinggalkan.

"Saya berharap ada creative hub yang akan menggarap produk-produk lokal baik sisi design, packaging , sisi harga," ucap Jokowi.

"Kita harapkan nantinya tenun kopi, makanan khas benar-benar bisa tumbuh dan seiring dengan itu atraksi budaya lokal, kesenian lokal semakin hidup dan menghidupkan di kawasan Labuan Bajo," sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menargetkan pada akhir 2020, Kementerian Pariwisata bisa memulai promosi Labuan Bajo sebagai kawasan super premium. Untuk menarik para wisatawan, Jokowi memerintahkan Menteri Pariwisata Wishnutama membuat sebuah acara internasional.

"Target kita akhir tahun 2020 bila semua sudah rapi dan tertata promosi, saya minta segera dilakukan oleh Kementerian Pariwisata, termasuk event internasional agar menarik wisatawan datang ke Labuan Bajo," jelas dia.

Rapat terbatas dengan topik pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo ini , dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata Wishnutama, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Menteri BUMN Erick Thohir. Ada pula Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur NTT Victor Laiskodat. [ded]

Baca juga:
Naik Kapal Pinisi, Jokowi Tinjau Kesiapan Wisata Bahari di Labuan Bajo
Bertolak ke Labuan Bajo, Jokowi Tinjau Pembangunan Infrastruktur Transportasi
Presiden Jokowi Beberkan Syarat jadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru
Jokowi Tak Akan 'Kampanyekan' Gibran dan Bobby Nasution di Pilkada 2020

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini