Jokowi Bahas Penangkapan Purnawirawan TNI

Jumat, 31 Mei 2019 18:33 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Bahas Penangkapan Purnawirawan TNI Jokowi undang purnawirawan TNI. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo bertemu para Purnawirawan TNI di Istana Kepresidenan. Dalam pertemuan selama satu jam tersebut mereka membicarakan beberapa hal. Mereka memberikan masukan terkait kebijakan Jokowi.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko tidak menampik dalam pertemuan tadi juga dibahas terkait beberapa Purnawirawan yang ditangkap pasca aksi 22 Mei. Namun dia tidak terlalu rinci menjelaskan soal itu. Mereka menyerahkan pada proses hukum.

"Tapi sekali lagi, semuanya itu, biarkan proses hukum berjalan dengan baik, nanti akan terlihat dengan jelas," ungkap Moeldoko di Komplek Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (31/5).

Seperti diketahui, ada dua purnawirawan TNI yang berurusan dengan hukum. Yakni Mayjen (Purn) Soenarko dan Mayjen (Purn) Kivlan Zen atas dugaan kepemilikan senjata api ilegal.

Mereka akan menjembatani pemerintah dengan purnawirawan TNI. Sehingga kondisinya semakin baik.

"Para purnawirawan ini adalah senior-senior yang memiliki suara yang sangat kuat di lingkungan TNI maupun purnawirawan, sehingga nanti, lewat para beliau-beliau ini menjadi jembatan yang bisa menjembatani antara pemerintah dengan purnawirawan, sehingga nanti semakin ada pemahaman yang semakin baik," lanjut Moeldoko.

Mereka juga menyampaikan pesan agar Jokowi mempertimbangkan kondisi psikologis TNI, Purnawirawan, Polri, hingga masyarakat dalam penyusunan kebijakan. Usul itu disampaikan Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat, Letjend TNI (Purn) Kiki Sanakri. Jokowi menerima masukan itu.

"Hanya ada masukan dari Pak Kiki supaya mempertimbangkan faktor psikologi, dan pak Presiden sangat sensitif dengan hal itu," katanya.

Beberapa tokoh senior TNI itu memberikan dukungan penuh untuk Jokowi melanjutkan periode sebelumnya. Letjen TNI (Purn) Rais Abin berpesan agar di periode selanjutnya, Jokowi melahirkan kebijakan yang baik.

"Itu salah satu dari Pak Rais Abin, memberikan dukungan penuh agar nanti dalam melanjutkan kepemimpinannya, presiden akan menghasilkan suatu yang bagus lagi kepada bangsa dan negara," ucapnya.

Beberapa mantan purnawirawan TNI juga memberikan saran agar menjaga keseimbangan yang dinamis dalam situasi saat ini.

"Di mana para purnawirawan yang juga ada beberapa putra-putrinya yang ada di TNI, sehingga ini memang harus perlu tindakan-tindakan yang lebih tepat. Begitu. Itu masukan-masukan, dan presiden menerimanya dengan baik," tutupnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini