Jokowi bagikan 5.083 sertifikat tanah di Samarinda

Kamis, 25 Oktober 2018 18:58 Reporter : Merdeka
Jokowi bagikan 5.083 sertifikat tanah di Samarinda Jokowi Bagikan 5.083 Sertifikat Tanah di Samarinda. ©Liputan6.com/Hanz Salim

Merdeka.com - ‎Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali membagikan sertifikat tanah saat melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur. Sebanyak 5.083 sertifikat tanah untuk warga dibagikan di halaman parkir ‎Convention Hall Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (25/10).

Dalam sambutannya, Jokowi memastikan pemerintah akan mempercepat pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat. Hal ini, kata dia, untuk menghindari sengketa tanah dan memberikan kepastian hukum atas kepemilikan tanah.

"‎Antara tetangga dengan tetangga berantem, antara masyarakat dengan pemerintah berantem, masyarakat dengan perusahaan berantem, antara masyarakat dengan BUMN berantem, saya dengar semuanya sama soal sengketa tanah," katanya, Kamis (25/10).

Dia berharap dengan penyerahan sertifikat tanah ini, persoalan tentang sengketa tanah bisa ditekan. Sehingga masyarakat tidak lagi disibukkan dengan masalah-masalah tersebut.

"Kalau sudah pegang ini (sertipikat tanah) semuanya enak, ini sertifikat ini tanda bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki. Kalau sudah pegang ini mau apa? Ada yang ngeklaim? Ndak bisa," jelasnya.

Sementara, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengungkapkan hingga 2018 ini, pihaknya sudah menyerahkan 100 ribu sertifikat tanah kepada masyarakat di Kalimantan Timur.

"Tahun ini di Kaltim, kita tahun ini menyelesaikan sertifikat sebanyak 100 ribu," ungkap Sofyan.

Dia memastikan, pihaknya akan meningkatkan jumlah penerima sertifikat pada tahun depan untuk warga Kalimantan Timur.

"InsyaAllah tahun depan dengan dukungan Gubernur dan Pemda kita akan berikan 200 ribu sertifikat," tutup Sofyan.

Reporter: Hanz Jimenez
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini