Jokowi: Antre Kalau Mau Masuk MRT, Jangan Buang Sampah Sembarangan

Minggu, 24 Maret 2019 11:05 Reporter : Merdeka
Jokowi: Antre Kalau Mau Masuk MRT, Jangan Buang Sampah Sembarangan Jokowi resmikan MRT. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa transportasi massal Moda Raya Terpadu (MRT) merupakan budaya baru bagi masyarakat Indonesia. Jokowi meminta agar masyarakat tertib serta menjaga kebersihan saat menggunakan transportasi berbasis rel itu.

"Ini adalah peradaban baru, kita harus yakin kita bisa mengubah masyarakat dari budaya lama ke budaya baru ini. Apa itu? Yang tadi saya sampaikan, antre kalau mau masuk ke MRT, jangan buang sampah sembarangan di Stasiun MRT maupun di dalam MRT-nya," ujar Jokowi di Bundaran HI Jakarta Pusat, Minggu (24/3).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan agar masyarakat disiplin dengan tidak berdesak-desakan saat menaiki MRT. Menurut dia, masyarakat harus bersama-sama menjaga dan merawat transportasi baru ini.

"Yang ketiga disiplin tepat waktu. Karena kalau ini tidak dibudayakan, percuma kita memiliki MRT, artinya kita harus menjaga kita harus merawat MRT yang kita miliki ini," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta fase pertama akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, 24 Maret 2019 di Bundaran HI, Jakarta Selatan. Peresmian ini diadakan saat Car Free Day dan dimeriahkan oleh artis papan atas yaitu D'Massiv, Naff dan Barasuara.

Presiden Joko Widodo menyatakan peresmian hari ini dibarengi dengan dimulainya pembangunan MRT Jakarta fase kedua dengan rencana rute Bundaran HI - Kampung Bandan.

"Hari ini sebuah peradaban baru akan kita mulai dengan diresmikannya MRT fase pertama. Ini baru fase pertama. Hari ini kita canangkan untuk masuk fase kedua. Tahun ini saya sudah perintahkan Gubernur untuk bangun rute Jakarta Utara," ungkapnya di Bundaran HI, Minggu (24/03).

Selain Presiden Jokowi, peresmian ini juga turut dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Direktur MRT William Sabandar, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, serta perwakilan Japan International Corporation Agency (JICA).

Meski diresmikan hari ini, masyarakat masih bisa menjajal MRT Jakarta secara gratis hingga 31 Maret mendatang. MRT baru akan dikomersialkan pada 1 April mendatang.

Reporter: Lisza Egeham [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini