Jokowi: Antek asing yang mana? Coba lihat itu blok Mahakam

Selasa, 30 Oktober 2018 12:46 Reporter : Merdeka
Jokowi: Antek asing yang mana? Coba lihat itu blok Mahakam Jokowi tanggapi insiden jatuhnya Lion Air. ©2018 Liputan6.com/Fery Pradolo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjawab isu dan tudingan perihal pemerintahannya yang dianggap pro dengan asing. Menurutnya, isu itu tidak benar. Hal itu, kata dia, bisa dilihat dari beberapa blok penghasil minyak dan gas yang telah dinasionalisasikan.

"Isu lagi, antek asing, antek aseng. Nuduhnya langsung. Antek asing yang mana? Coba lihat, Blok Mahakam. Itu blok besar, tadinya dikuasai Prancis dan Jepang. Sekarang sudah 100 persen saya serahkan ke Pertamina, sejak 2015," kata Jokowi saat membuka Kongres XX Tahun 2018 Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) di kawasan Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/10).

Selain Blok Mahakam, kata Jokowi, Blok Rokan juga sudah dimiliki oleh Pertamina. Padahal sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa Blok tersebut dikuasai oleh Chevron.

Jokowi mengaku tak mudah menasionalisasikan sejumlah blok penghasil migas dari perusahaan asing. Ada sejumlah tekanan yang dialami pemerintahnya ketika melakukan hal tersebut. Contohnya, kata dia, ketika menyelesaikan negosiasi saham mayoritas PT Freeport.

"Kita bisa mendapatkan 51 persen (saham), sudah mayoritas. Enggak mudah melakukan ini. Tekanan politik, tekanan kanan-kiri. Apa mudah? Kalau pengen gampang, ya sudah sehari saja selesai, tanda tangan. 9 Persen tetap, rampung. Enggak ada tekanan apa-apa," tutur Jokowi.

Meski sudah melakukan nasionalisasi sejumlah Blok penghasil migas, namun Jokowi menyayangkan isu antek asing masih saja dialamatkan ke pemerintahannya.

"Kok enggak ada yang demo, waktu kita dapat (saham) 100 persen, dan (saham) 50 persen ini di depan Istana. Demo mendukung itu enggak ada. Kalau antek asing, ramainya kayak gitu," ucap Jokowi.

Reporter: Hanz Salim Jimenez

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini