Jokowi akan Ajak Investor ke IKN Februari 2023, Menteri Basuki Langsung Beres-Beres

Selasa, 24 Januari 2023 16:23 Reporter : Dedi Rahmadi
Jokowi akan Ajak Investor ke IKN Februari 2023, Menteri Basuki Langsung Beres-Beres Menteri Basuki. Instagram/kemenpupr©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berencana meninjau progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, pada Februari 2023.

“Iya,” kata Basuki di Jakarta Timur, Selasa, mengkonfirmasi rencana Presiden ke IKN pada Februari 2023.

Basuki mengatakan dirinya kemungkinan pada Rabu (25/1) akan bertolak ke IKN untuk mempersiapkan kunjungan Presiden Jokowi.

“Ini saya besok bentar lagi mau cek sehingga Februari 2023 beliau (Presiden Jokowi) bisa ke sana enggak,” kata Basuki.

Basuki mengatakan kunjungan Kepala Negara ke IKN ini dalam rangka persiapan mengajak investor meninjau lokasi ibu kota baru itu.

Para investor disebut akan diajak untuk mengunjungi langsung IKN. Sebelum agenda tersebut, pemerintah akan mempersiapkan dulu lahan seluas sekitar 700 hektare untuk dipresentasikan kepada investor.

2 dari 2 halaman

Basuki menjelaskan saat ini tidak ada kendala berarti dalam pembangunan fisik di IKN. Kementerian PUPR sedang menyelesaikan sejumlah infrastruktur seperti jalan raya untuk menunjang konektivitas.

"Tugas kami menyelesaikan jalan-jalan konektivitas, land development, kantor-kantor mulai bekerja," kata Basuki.

Pemerintah merencanakan pembangunan IKN dengan pendanaan yang mayoritas bersumber dari non-APBN. Total biaya pembangunan IKN, menurut estimasi awal pemerintah, sebesar Rp466 triliun yang sebanyak 80 persen bersumber dari non-APBN dan 20 persen dari APBN.

Pendanaan APBN akan digunakan antara lain untuk membangun infrastruktur dasar, gedung-gedung pemerintahan, istana kepresidenan, istana wakil presiden dan lainnya.

Sementara itu pendanaan non-APBN akan menggunakan skema-skema yang diperbolehkan oleh undang-undang, dengan bidang investasi antara lain untuk membangun rumah sakit internasional, fasilitas pendidikan terpadu, kawasan perkantoran dan jasa, gedung serban guna, fasilitas komersial niaga, dan fasilitas hunian. [ded]

Baca juga:
Rumah PNS di Ibu Kota Baru Masuk Tahap Studi, Ada 47 Menara Apartemen
Belum Laku Dilelang, Rp660 Miliar Dana Pembangunan IKN Nusantara Masih Parkir di PUPR
Menteri Bahlil Temui Tony Blair Cari Investor Pembangunan Ibu Kota Baru
Otorita: Lebih dari 70 Perusahaan Nyatakan Minat Investasi di IKN
Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku Segmen 3 Ibu Kota Baru Rampung
Ibu Kota Pindah, Gedung Pemerintah di Jakarta Dapat Dialihfungsikan Jadi Rusun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini