JK Ungkap Jokowi Rajin Gelar Rapat, SBY Lebih Cepat dan Terarah

Rabu, 23 September 2020 13:10 Reporter : Ahda Bayhaqi
JK Ungkap Jokowi Rajin Gelar Rapat, SBY Lebih Cepat dan Terarah Jokowi dan Jusuf Kalla Bertemu di Istana. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengungkap beda gaya kepemimpinan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia bicara dari pengalamannya mendampingi dua presiden itu sebagai orang nomor dua RI.

JK mengungkap perbedaan jelas dari Jokowi dan SBY adalah pengambilan keputusan. Jokowi rajin menggelar rapat, keputusan harus diambil bersama. Bahkan, Jokowi bisa menggelar rapat empat kali hingga lima kali dalam seminggu.

"Kalau zamannya Pak Jokowi, semua soal dirapatkan, dirapatkan semua soal. Jadi rapatnya seminggu bisa empat lima kali," ujar JK dilihat dari Youtube Helmi Yahya, Rabu (23/9).

"(Jokowi) begitu gayanya. Betul-betul keputusan diambil bersama," imbuhnya.

Sementara, SBY mengambil keputusan lebih cepat. Bahkan menurut JK, lebih ringkas dan lebih terarah. Hingga terkenal dengan jargon 'lebih cepat lebih baik'.

JK juga mengatakan, ketika mendampingi SBY, secara khusus ditugaskan seluruhnya mengurus perekonomian negara.

"(SBY) lebih ringkas, lebih terarah, leih cepatlah kita mengambil keputusan," terangnya.

Mantan Ketum Golkar itu juga bicara mendapatkan peran juru damai. JK menuturkan, peran itu karena sejak zaman Menko Kesra Presiden Megawati Soekarnoputri mengurus konflik Poso dan Ambon. Ketika zaman Presiden SBY, JK menyelesaikan konflik di Aceh.

"Jadi kalau mendamaikan orang, pertama harus pengetahuan. Harus mengetahui, mempelajari masalah itu. Apa sebabnya. Kedua, kita harus menjaga dignity, kehormatan bagi bangsa dari yang berkonflik. Win win tidak boleh ada yang merasa kalah," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini