JK Nilai Wajar Ganti Menteri Rombak Kurikulum: Teknologi dan Pendidikan Berubah

Jumat, 5 Juli 2019 16:42 Reporter : Intan Umbari Prihatin
JK Nilai Wajar Ganti Menteri Rombak Kurikulum: Teknologi dan Pendidikan Berubah JK Tinjau Perpustakaan Istana Wapres. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menilai wajar perubahan menteri pendidikan diikuti pergantian kurikulum. Menurutnya, kondisi itu mengikuti dinamika teknologi hingga dunia pendidikan.

"Telah berbagai upaya yang kita lakukan. Banyak yang mengatakan tiap ganti menteri rombak kurikulum. Itu wajar saja, karena teknologi, pendidikan berubah, berdinamika sekarang," kata JK saat memberikan sambutan dalam Kongres XXII di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (5/7).

Oleh karena itu, kata JK, menjadi guru dewasa ini haruslah berwawasan luas dan mengikuti perkembangan zaman. Sebab saat ini, semua dapat diperoleh dengan internet. Dampaknya, bila guru tidak belajar dengan baik dan mengikuti zaman, maka bisa saja murid lebih pintar dari pengajar.

"Apabila guru tidak belajar dengan baik, dengan cepat, bisa-bisa muridnya lebih pintar dari gurunya. Banyak pertanyaan murid tidak bisa dijawab," lanjut JK.

JK menyarankan untuk semua guru terkhusus pada PGRI, mengembangkan ilmu bukan hanya secara formal tapi juga teknologi.

"Namun apapun tingkat kemampuan guru pada akhirnya juga kearifan, cara mendidik, kedekatan, dan tentu punya suatu pendekatan yang baik pada para siswa bukan sebagai sesuatu yang membimbing masa depan," ungkap JK.

Di akhir sambutannya, JK berharap kongres ini bukan hanya bentuk evaluasi terkait kesejahteraan tenaga pendidik saja, tetapi juga kemampuan, mutu dengan cara bekerja bersama-sama untuk membangun negara yang lebih baik.

"Saya yakin dalam kongres ini ada pikiran-pikiran yang jernih untuk bersama-sama mengingatkan kemampuan bangsa khususnya kemampuan di bidang pendidikan dan teknologi," ujar JK optimis.

Baca juga:
Wapres JK Akui Kualitas Pendidikan RI di Bawah Negara-Negara Asia
Wapres JK Bertemu Menteri Uni Emirat Arab, Bahas Kerja Sama Investasi
Wapres JK Tidak Campur Tangan Urusan Komposisi Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin
Wapres JK Harap Pimpinan KPK Terpilih Tak Asal Ambil Tangkap
Bekal JK untuk Ma'ruf Amin dalam Tas Bergambar Istana Wakil Presiden
Guyonan Ma'ruf di Depan Jusuf Kalla: Wapres Tetap Pak JK, Saya Hanya Penggantinya

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Wapres Jusuf Kalla
  3. Pendidikan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini