JK: Anak Muda Sukses di Bisnis Jangan Didorong jadi Birokrat

Selasa, 16 Juli 2019 15:23 Reporter : Intan Umbari Prihatin
JK: Anak Muda Sukses di Bisnis Jangan Didorong jadi Birokrat Wapres JK bertemu sutradara. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Nama Chief Executive Officer yang juga Founder GO-JEK, Nadiem Makarim, disebut-sebut masuk kandidat menteri Jokowi dari kalangan milenial. Wakil Presiden, Jusuf Kalla, melihat sosok Nadiem lebih cocok di bidang entrepreneur, bukan struktur birokrasi.

"Jadi jangan anak-anak muda yang sukses di bisnis didorong-dorong jadi birokrat. Jangan, lebih penting dia di sini (re:entrepreneur)," kata JK usai bertemu Nadiem di kantor Wapres Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (16/7).

"Dia sudah terbukti di bidangnya. Orang seperti Nadiem ini yang di Indonesia bagus di luar negeri bagus," sambung JK.

JK menjelaskan, secara garis besar tugas seorang menteri yakni mengambil keputusan, mengeksekusi keputusan sesuai dengan program. Dengan kata lain, lanjut JK, ruang geraknya terbatas.

"Menteri ini terbatas bidangnya. Yang dibutuhkan bangsa ini entreprenuer. Kalau jadi menteri banyak yang mau, kalau entrepreneur tidak banyak, apalagi sebesar itu," jelas JK.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, Nadiem memiliki kompetensi yang cukup untuk masuk dalam jajaran kabinet.

"Nadiem saya melihat figur yang sangat kuat, kompeten. Kalau mau berdedikasi untuk negara silahkan dan saya rasa luar biasa ada generasi muda seperti Nadiem yang mau," ujar dia di Jakarta, Rabu (3/7). [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini