'Jika dibandingkan pemimpin sebelumnya, Jokowi paling dekat dengan generasi muda'

Kamis, 12 April 2018 16:51 Reporter : Ahda Bayhaqi
Diskusi Digital Culture Syndicate. ©2018 Merdeka.com/Ahda

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai pemimpin yang paling berpihak kepada generasi milenial. Sebab, mantan Gubernur DKI Jakarta itu disebut memiliki komitmen terhadap generasi milenial.

Direktur Prakarsa Ah Muftachan menilai Jokowi sebagai presidennya milenial. Hal itu terlihat dari gaya komunikasi Jokowi yang asosiasi dengan milenial seperti 'touring' dengan motor chopper, gaya pakaian, pertemuan dengan bos Facebook, juga program yang mendukung start-up juga lahirnya Badan Ekonomi Kreatif di masa kepemimpinannya.

"Jika dibandingkan dengan pemimpin sebelumnya Jokowi lah paling dekat dengan generasi muda. Kalau Jokowi disebut presiden milenial saya bilang yes," ujarnya dalam diskusi Digital Culture Syndicate di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (12/4).

Muftachan melihat Jokowi memiliki ambisi dalam pembangunan generasi muda dalam program 1000 startup. Namun, dia menilai Jokowi seharusnya bisa lebih ambisius dan melebarkan makna pembangunan generasi muda tak hanya di tahap teknologi informasi saja. Namun, perlu merambah bidang pendidikan, kebudayaan, sosial dan sebagainya.

"Skalanya perlu ditambah perlu diperluas. Harus lebih ambisius, kalau tidak ada number yang besar maka kita akan ketinggalan," ucapnya.

Meski begitu, pemerintahan Jokowi pun dikritik lantaran ambisinya tersebut tidak ditopang oleh kementerian. Muftachan menilai masih ada 'gap' antara ide Jokowi dengan implementasi di tingkat kementerian.

"Ada gap tinggi antara high level statement Jokowi dengan implementasinya," kata dia.

Hal itu diakui oleh Deputi V Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ari Juliano. Menurutnya, program kementerian sudah baik, hanya saja koordinasi antar lembaga yang masih kurang. Bahkan tugas-tugas kecil yang seharusnya bisa dibagi malah saling bertabrakan.

"Padahal kalau dikoordinasikan dengan baik semuanya dapat, sinergis. Itu yang kita coba supaya program pemerintah dan Bekraf bisa diimplementasikan dengan baik," ucapnya. [rzk]

Topik berita Terkait:
  1. Presiden Jokowi
  2. Jakarta
  3. Joko Widodo
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini