Jelang puasa, warga ritual Keramas Merang di Sungai Cisadane

Kamis, 25 Mei 2017 23:05 Reporter : Kirom
Jelang puasa, warga ritual Keramas Merang di Sungai Cisadane Warga ritual Keramas Merang di Sungai Cisadane jelang Ramadan. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Ratusan warga Kampung Babakan, Kota Tangerang berkumpul di pinggir Sungai Cisadane, Kamis (25/5). Mereka datang untuk mandi dan mengikuti ritual yang selalu dilakukan jelang datangnya bulan suci ramadan.

Ritual ini disebut Keramas Merang. Anak-anak, orang dewasa serta puluhan lansia berkumpul mengikuti ritual bersih-bersih itu. Samiar (65), warga kampung setempat mengaku, ritual mandi di sungai Cisadane sudah dilakukan sejak dia masih anak-anak. Saat itu air di sungai Cisadane sangat jernih dan bersih, sehingga warga meyakini kegiatan tersebut untuk harus terus dilakukan setiap jelang puasa.

"Dulu mah bersih enggak ada sampah, airnya juga bening, engga butek begini," kata dia.

Samiar melanjutkan, ritual ini berawal dari kebiasaan warga yang melakukan keramas dengan menggunakan merang. Merang yang telah diolah sedemikian rupa itu, digunakan warga zaman itu sebelum mengenal adanya shampo.

"Dulu tidak kenal sampo, nenek kakek kami pakai merang buat keramas," ucap dia Kamis 25 Mei 2017, di bantaran Sungai Cisadane.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menghadiri kegiatan rutin warga itu. Dia menyampaikan keinginannya untuk menjadikan Sungai Cisadane sebagai aset yang dapat memberi manfaat banyak bagi warga Kota Tangerang.

"Ini harus terus dilestarikan, keuntungan kita menjadikan ini sebagai kawasan wisata yang layak bagi semua warga," katanya.

Dia mengajak semua masyarakat Kota Tangerang untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sungai Cisadane demi kelangsungan budaya kearifan lokal.

Kota Tangerang memiliki konsep sebagai water front city atau kota yang menghadap ke sungai. "Karena kekayaan kita ini ada Sungai Cisadane di Kota tangerang, ini harus kita manfaatkan untuk bersama," terang dia. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini