Jalani Fit and Proper Test, Yudo Margono Tak Didampingi Panglima TNI Andika Perkasa

Jumat, 2 Desember 2022 14:04 Reporter : Alma Fikhasari
Jalani Fit and Proper Test, Yudo Margono Tak Didampingi Panglima TNI Andika Perkasa yudo margono tiba di dpr jelang fit and proper test. ©2022 Merdeka.com/alma fikhasari

Merdeka.com - Calon Panglima TNI Kasal Laksamana Yudo Margono hari ini menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test dengan Komisi I DPR RI, Jumat (2/12). Yudo tiba di gedung DPR pukul 13.00 WIB.

Dari pantauan merdeka.com, Yudo hadir didampingi Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Namun Panglima TNI Andika Perkasa tak nampak mendampingi.

Yudo mengatakan alasan Andika tak hadir mendampinginya menjalani fit and proper test lantaran sedang menghadiri acara lain.

"Pak Andika sedang ada acara," kata Yudo saat diwawancarai di gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (2/12).

Sementara itu, Listyo Sigit mengatakan kehadirannya mendampingi Yudo menjalani fit and proper test dengan Komisi I untuk memberikan dukungan.

"Iya (mendukung) Sesuai arahan Presiden," kata Listyo Sigit.

2 dari 2 halaman

Komisi I DPR Kebut Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Komisi I DPR akan mendatangi kediaman calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Rencana kunjungan akan dilaksanakan setelah uji kelayakan dan kepatutan selesai digelar pada Jumat (2/11).

"Direncanakan verifikasi faktual ke kediaman setelah Rapat Fit and Proper selesai," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid kepada wartawan, Kamis (1/12).

Kunjungan ini sesungguhnya tidak secara tersirat diatur dalam undang-undang. Tetapi sebagai tradisi, Komisi I melakukan kunjungan ke kediaman calon Panglima TNI.

"Kunjungan itu tidak tersirat dalam aturan hukum atau UU. Tapi ada rencana pimpinan Komisi dan perwakilan fraksi datang ke rumah," ujar anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin.

Komisi I belum memastikan kapan kunjungan akan dilaksanakan. Tetapi, dipastikan akan dilaksanakan setelah DPR menyetujui uji kelayakan dan kepatutan terhadap Yudo.

"Ya setelah keputusan. Setelah disetujui baru didatengin. Kalau tidak disetujui ya enggak didatengin," ujar Hasanuddin.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI akan digelar satu hari penuh. Fit and proper test diawali dengan verifikasi persyaratan Yudo Margono sebagai calon panglima TNI.

"Betul. Komisi I akan menggelar fit and proper calon panglima esok. Satu hari penuh ya. Dimulai dengan verifikasi persyaratan di pagi hari," ujar Meutya kepada wartawan, Kamis (1/12).

[gil]

Baca juga:
Dikawal Kasad dan Kasau, Potret Semringah Laksamana Yudo Margono Tiba di DPR
Jelang Fit and Proper Test Calon Panglima TNI, DPR Verifikasi Berkas Yudo Margono
DPR akan Kunjungi Rumah Kasal Yudo Margono usai Uji Kelayakan Calon Panglima TNI
Jenderal Andika: Tantangan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI Banyak
Fit and Proper Test Calon Panglima TNI, DPR Bakal Cecar Soal Netralitas di Pilpres
Kasal Yudo Margono Janji Lanjutkan Program Jenderal Andika saat Jabat Panglima TNI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini