Iuran BPJS Kesehatan Naik, Tenaga Ahli KSP Klaim Pemerintah Sudah Punya Perhitungan

Jumat, 15 Mei 2020 18:58 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Iuran BPJS Kesehatan Naik, Tenaga Ahli KSP Klaim Pemerintah Sudah Punya Perhitungan BPJS Kesehatan. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Putusan Mahkamah Agung (MA) tak menyurutkan langkah pemerintah mengajukan kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Lewat Peraturan Presiden (Perpres) nomor 64 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, Presiden Joko Widodo alias Jokowi kembali menaikkan iuran BPJS Kesehatan.

Langkah Presiden Jokowi menuai kritik dari berbagai kalangan. Di tengah kesulitan masyarakat akibat pandemi Covid-19, pemerintah dianggap menambah beban dengan menaikkan biaya iuran BPJS Kesehatan.

Pemerintah mengaku menerima kritik dan masukan dari masyarakat atas kebijakan itu. Tetapi, kebijakan itu diklaim sudah dipertimbangkan secara matang.

"Semua masukan diterima, tapi juga tidak diterima mentah-mentah. Karena pemerintah juga punya perhitungan, punya kalkulasi semua opsi sudah dicoba sudah disimulasikan dan opsi terbaik adalah tentu struktur tarif yang diputuskan oleh pemerintah," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Donny Garhal, dalam pesan singkat, Jumat (15/5).

Justru, dalih Donny, langkah yang diambil pemerintah memberikan dampak positif bagi peserta tidak mampu agar mendapatkan standar pelayanan yang sama. Sedangkan peserta yang mampu, kata dia, dibebani lebih tinggi sedikit.

"Jadi dengan struktur ini tentu saja mereka yang tidak mampu akan sangat terbantu untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dan mereka yang mampu diberi beban yang lebih tinggi sedikit," jelas Donny.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan prinsip BPJS Kesehatan yaitu saling gotong royong. Membantu satu sama lain.

"Prinsip gotong royong yang mampu menolong yang tidak mampu dan yang muda menolong tua, yang sehat mampu menolong yang sakit," kata Donny. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini